KEEFEKTIFAN METODE BERMAIN OUTBOUND ESTAFET KARET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI SISWA BERKEPRIBADIAN INTROVERT KELAS VII SMP PAWYATAN DAHA 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DWITA YUNI PRASTIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0256

Abstract

ABSTRAK Dwita Yuni Prastiwi: Keefektifan Metode Bermain Outbound Estafet Karet Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Siswa Berkepribadian Introvert Kelas VII SMP Pawyatan Daha 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2016/2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kebanyakan siswa kurang mampu bersosialisasi dan tertutup dengan lingkungan sekitar. Hal ini diketahui dari rendahnya sosialisasi siswa baik di dalam maupun luar kelas. Siswa cenderung diam dan menutup diri, sehingga diperlukan sebuah metode yang tepat dan menarik untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa yang berkepribadian introvert. Adapun pokok permasalahan penelitian ini adalah bagaimana keefektifan metode bermain outbond estafet karet untukmeningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa berkepribadian introvert? Penelitian ini menggunakan teknik SSD (Single Subject Design). Subyek pada penelitian ini sebanyak 2 siswa, yang semuanya siswa Kelas VII SMP Pawyatan Daha 2 Kota Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dengan 3 kali pada Baseline (A) Subyek diobservasi didalam kelas saat pelajaran berlangsung dan 3 kali pada Intervensi (B) setiap pertemuan subyek diminta untuk memainkan kegiatan outbond estafet karet bersama dengan timnya, khususnya menjadi pemimpin regu. Hal ini bertujuan untuk memudahkan peneliti untuk menganalisis perubahan yang terjadi serta menyimpulkan hasil penelitian. Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa metode bermain outbond estafet karet efektif untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa berkepribadian introvert. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: Diharapkan guru BK dapat menerapkan metode bermain outbond estafet karet dalam layanan BK di sekolah khususnya dalam menangani siswa yang berkepribadian introvertagar mampu bersosialisasi dengan baik lagi. Kata kunci :metode bermain outbond estafet karet, kepribadian introvert

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI