EFEKTIVITAS PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALITA UNTUK MENGURANGI PRILAKU AGRESIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GROGOL TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

SEPTINA DAMAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0255

Abstract

ABSTRAK Septina Damayanti, Efektivitas Pemberian Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Realita Untuk Menggurangi Perilaku Agresif siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Juni, 2016. Perilaku merupakan sikap yang nampak pada individu manusia yang dapat dilihat dan dirasa, apabila perilaku ini tidak sesuai tentunya akan menimbulkan masalah salah satunya adalah prilaku agresif ditakutkan dan dikhawatirkan dapat berdampak terhadap hubungan teman sebaya yang tidak harmonis, melukai teman, bahkan dapat menggangu proses pembelajaran oleh karena itu peneliti ingin menggurangi prilaku agresif dengan layanan konseling kelompok menggunakan pendektan realita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya pemberian layanan konseling kelompok menggunakan pendekatan realita untuk menggurangi prilaku agresif siswa pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Grogol Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode rancangan Pre-Experiment One-Grup pretest-posttest subjek penelitian 6 siswa kelas VII yang memiliki prilaku agresif tinggi dan mengikuti konseling kelompok menggunakan pendekatan realita populasi diambil dari satu kelas. Metode Pengumpulan data yang digunakan dengan cara memberikan skala yaitu skala prilaku agresif. Analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji tanda. Hasil penelitian yang telah dilakukan didapati adanya penurunan skor prilaku agresif siswa dari sebelum dilakukan perlakuan dan sesudah dilakukan perlakuan yaitu konseling kelompok menggunakan pendekatan realita, hasil perhitungan ini adalah dengan diperoleh nilai z – 2,201sedangkan nilai asymp.(sing 2- tailed ) 0,028 taraf signifikasi < 0,05 akibatnya Ho ditolak dan Ha diterima maka diketahui bahwa pemberian layanan konseling kelompok menggunakan pendekatan realita efektif mengurangi prilaku agresif siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang menujukan ada hasil positif yaitu penurunan skor yang diperoleh setelah diberi perlakuan konseling kelompok menggunakan pendekatan realita, Hal ini menunjukan konseling kelompok menggunakan pendekatan realita efektif menurunkan prilaku agresif siswa dengan demikian konselor agar terus memantau, menjaga dan meningkatkan layanan bimbingan dan konseling. Kata Kunci : Konseling Kelompok Pendekatan Realita, Prilaku Agresif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI