PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING TERHADAP TINGKAT DISIPLIN DIRI SISWA DI SMP PAWYATAN DAHA 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

NELA AYU KURNIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0252

Abstract

ABSTRAK NELA AYU KURNIA: Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling Terhadap Tingkat Disiplin Diri Siswa Di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling UN PGRI KEDIRI, 2016. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling dan Disiplin Diri Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti. Disiplin diri siswa di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri masih kurang karena banyak siswa yang tidak mentaati peraturan di sekolah. Berupa perilaku seperti; siswa tidak disiplin terhadap pakaian seragam, tidak mengerjakan PR, merokok di lingkungan sekolah, kehadiran siswa (membolos), memainkan HP saat kegiatan proses pembelajaran, tidak menjaga kebersihan, kesopanan dan keamanan di lingkungan sekolahan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling terhadap tingkat disiplin diri siswa di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posstest. Karena dalam penelitian ini hanya ada kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dan tidak ada kelompok kontrol, maka hasil dari pretest dan posstest tersebut dijadikan acuan untuk melihat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling terhadap disiplin diri siswa. Teknik pengambilan sampel adalah cluster sampling dan purposive sampling. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan skala disiplin diri. Analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t-Test, karena data kurang dari 30 sampel tetapi data berdistribusi normal. Hasil analisis data statistik diperoleh hasil t hitung -15,820. Dari uji t-Test kemudian dibandingkan dengan nilai t tabel dengan taraf signifikansi 5% = 2,086. Maka didapat -15,820 > 2,086. Dengan demikian, Ha yang berbunyi ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling terhadap tingkat disiplin diri siswa di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri tahun pelajaran 2016/2017 diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI