keefektifan teknik kata berantai dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas VII SMP


Author (Penulis)

DENY YOGI PRASETYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0251

Abstract

ABSTRAK DENY YOGI PRASTYO : Keefektifan Teknik Kata Berantai dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas VII SMP. Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri 2016. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa terdapat siswa yang mengalami kegagalan dalam pelajaran disebabkan oleh kurangnya kemampuan komunikasi. Terdapat siswa disekolah yang memiliki ide atau perspektif yang cerdas tetapi kurang bisa menyampaikan di dalam suatu pembelajaran karena rendahnya kemampuan komunikasi. Siswa yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik adalah siswa yang memiliki kepercayaan (credibility), daya tarik(attractive), dan kekuatan(power). Berbeda dengan anak yang memiliki kemampuan komunikasi rendah yang cenderung tidak percaya diri, kurang memiliki daya tarik, dan terlihat pendiam atau lemah dalam berkomunikasi. Permasalahan penelitian ini adalah apakah teknik kata berantai dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan teknik penelitian eksperimental dan design penelitian adalah pre experiment design dengan jenis one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas VII SMP 6 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel yang dijadikan subyek penelitian berjumlah 10 siswa yang diambil dengan cara purposive sampling atau sampel bertujuan. Untuk analisa data menggunakan paired sample t-Test. Berdasarkan hasil output pada perhitungan analisis data mengunakan rumus paired sample t-Tes diketahui bahwa nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat dinyatakan teknik kata berantai dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kediri. Hal ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan yakni “Teknik kata berantai dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningktkan komunikasi siswa kelas VII-H SMP Negeri 6 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, diterima”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan pada peneliti dapat menambah wawasan, khususnya dalam bidang pendidikan, serta dapat dijadikan sebagai acuan oleh peneliti dalam melaksanakan kegiatan penelitian. Bagi siswa Sebagai media dan sarana yang dapat membantu meningkatkan kemampuaan berkomunikasi siswa. Bagi guru digunakan sebagai upaya untuk memperbaharui dan menambah model dan metode layanan bimbingan dan konseling yang ada sehingga hasilnya lebih optimal. Bagi sekolah sebagai bahan acuan bagi sekolah untuk melaksanakan perbaikan–perbaikan dalam proses belajar mengajar sehingga sekolah lebih maju dan berkembang.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI