EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONSELING KELOMPOK SINGKAT BERFOKUS SOLUSI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING VERBAL SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
YETTI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0244
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi maraknya perilaku bullying verbal siswa di SMP
Muhammadiyah Kota Kediri. Bullying verbal merupakan sebuah tindakan kekerasan/ diskriminasi
yang dilakukan melalui lisan dan dapat ditangkap melaui indra pendengaran seperti: memfinah,
mengancam, berkata kotor, memarahi, dan mempermalukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
memperoleh data yang akurat dan mengetahui tentang efektifitas pendekatan konseling kelompok
singkat berfokus solusi untuk menurunkan perilaku bullying verbal siswa kelas VII di SMP
Muhammadiyah Kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimental dan
design penelitian adalah pre experiment design dengan jenis one group pre-test and post-test design.
Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pemberian pre-test, pemberian treatment mengunakan
pendekatan konseling kelompok singkat berfokus solusi, dan pemberian post-test dengan
menggunakan instrumen berupa angket perilaku bullying verbal. Alat pengumpulan data mengunakan
angket bullying verbal dan rencana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (RPLBK). Populasi
yang dijadikan subyek penelitian kelas VII SMP Muhammadiyah kota Kediri, mengunakan teknik
penarikan sampel yaitu teknik purposive random sampling dengan jumlah sampel 10 anak. Teknik
analisa data yang digunakan adalah paremetris dengan mengunakan rumus paired sample t-test.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah mengunakan rumus paired sample t-test dengan kriteria: jika nilai probabilitas
sig. (2-tailed) < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak dan jika nilai probabilitas sig. (2-tailed) > 0,05,
maka Ha ditolak dan Ho diterima. Berdasarkan hasil analisis dengan mengunakan rumus paired
sample t-test tersbut diketahui sig nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05 maka disimpulkan bahwa
pendekatan konseling kelompok singkat berfokus solusi efektif dilakukan untuk menurunkan perilaku
bullying verbal siswa Kelas VII di SMP Muhammadiya Kota Kediri. Berdasarkan kesimpulan ditas
saran dari penelitian ini yaitu: konselor masih perlu melakukan penelitian terus menurus, untuk
membuktikan apakah pendekatan konseling kelompok singkat berfokus solusi efektif untuk membantu
siswa dalam mengetaskan berbagai macam bentuk-bentuk pelaku bullying yang lain disekolah.
KATA KUNCI: pendekatan konseling kelompok singkat berfokus solusi, bullying verbal, siswa