EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONSELING KELOMPOK SINGKAT BERFOKUS SOLUSI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING VERBAL SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

YETTI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0244

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi maraknya perilaku bullying verbal siswa di SMP Muhammadiyah Kota Kediri. Bullying verbal merupakan sebuah tindakan kekerasan/ diskriminasi yang dilakukan melalui lisan dan dapat ditangkap melaui indra pendengaran seperti: memfinah, mengancam, berkata kotor, memarahi, dan mempermalukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data yang akurat dan mengetahui tentang efektifitas pendekatan konseling kelompok singkat berfokus solusi untuk menurunkan perilaku bullying verbal siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimental dan design penelitian adalah pre experiment design dengan jenis one group pre-test and post-test design. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pemberian pre-test, pemberian treatment mengunakan pendekatan konseling kelompok singkat berfokus solusi, dan pemberian post-test dengan menggunakan instrumen berupa angket perilaku bullying verbal. Alat pengumpulan data mengunakan angket bullying verbal dan rencana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (RPLBK). Populasi yang dijadikan subyek penelitian kelas VII SMP Muhammadiyah kota Kediri, mengunakan teknik penarikan sampel yaitu teknik purposive random sampling dengan jumlah sampel 10 anak. Teknik analisa data yang digunakan adalah paremetris dengan mengunakan rumus paired sample t-test. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan rumus paired sample t-test dengan kriteria: jika nilai probabilitas sig. (2-tailed) < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak dan jika nilai probabilitas sig. (2-tailed) > 0,05, maka Ha ditolak dan Ho diterima. Berdasarkan hasil analisis dengan mengunakan rumus paired sample t-test tersbut diketahui sig nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05 maka disimpulkan bahwa pendekatan konseling kelompok singkat berfokus solusi efektif dilakukan untuk menurunkan perilaku bullying verbal siswa Kelas VII di SMP Muhammadiya Kota Kediri. Berdasarkan kesimpulan ditas saran dari penelitian ini yaitu: konselor masih perlu melakukan penelitian terus menurus, untuk membuktikan apakah pendekatan konseling kelompok singkat berfokus solusi efektif untuk membantu siswa dalam mengetaskan berbagai macam bentuk-bentuk pelaku bullying yang lain disekolah. KATA KUNCI: pendekatan konseling kelompok singkat berfokus solusi, bullying verbal, siswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI