HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX DI UPTD SMP NEGERI 2 PAPAR KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
MOCHAMMAD DHIHINUR FADLI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0242
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa motivasi belajar yang dimiliki siswa masih tergolong rendah. Masih ada siswa yang tidak rajin belajar, siswa tidak semangat belajar, hal tersebut dikarenakan siswa mudah terpengaruh oleh teman sebaya nya. Motivasi belajar dipengaruhi oleh interaksi sosial teman sebaya, hal tersebut dikarenakan usia perkembangan anak SMP lebih mudah terpengaruh teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan interaksi sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas IX UPTD SMPN 2 Papar Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan teknik korelasional dan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX UPTD SMPN 2 Papar Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017 sejumlah 280 siswa, dengan sampel sejumlah 138 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen angket. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil interaksi sosial teman sebaya dalam kategori rendah , tingkat motivasi belajar siswa dalam kategori rendah. Hasil analisis korelasi menunjukkan, r hitung > r tabel (0,932 > 0,167). Artinya ada hubungan yang positif antara interaksi sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas IX UPTD SMPN 2 Papar Kabupaten Kediri. Berdasarkan simpulan penelitian, disarankan orang tua orang tua hendaknya selalu menerapkan interaksi sosial yang yang baik dalam kehidupan sehari-hari,sehingga mampu membangun jati diri dalam interaksi sosialnya siswa agar mampu meningkatkan kemampuan interaksi sosialnya dengan baik dalam sehari-hari disekitarnya.