PENGARUH PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP PAWYATAN DAHA I KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Author (Penulis)
DITRI NIA W
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0238
Abstract
ABSTRAK
Ditri Nia Wulandari: Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Peningkatan Kepercayaan
Diri Siswa Kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kepercayaan
diri siswa kurang Karena masih didominasi oleh rasa malu dan canggung. Di SMP Pawyatan Daha 1
Kediri masih banyak siswa yang kepercayaan diri nya rendah. Hal tersebut Nampak dari siswa yang
kurang mau untuk tampil di depan kelas. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton dan pasif.
Permasalahan peneliti ini adalah ada tidaknya pengaruh penggunaan metode role playing terhadap
peningkatan kepercayaan diri siswa. Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif
dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri, Teknik Penelitian ini
dilaksanakan dengan menggunakan one-group pretest-posttest design yaitu dengan memberikan skala
sebelum diberi perlakuan dan diberi skala lagi setelah diberi perlakuan. Proses analisis data yang
digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian
berdasarkan uji-t paired samples test menyatakan bahwa ada peningkatan kepercayaan diri pada siswa
setelah diberikan metode role playing. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung -2,823
ttabel 2,026 sehingga -2,823 > 2,026 dengan taraf signifikan (2-tailed) 0,008 < 0,05 maka Hipotesis
diterima. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan sebagai saran yaitu:
Diharapkan bagi guru BK atau konselor dapat menerapkan metode role playing dalam meningkatkan
kepercayaan diri pada siswa tentunya dalam mengaplikasikan teknik ini peneliti harus mempersiapkan
treatment yang sesuai dengan karakteristik subyek.
KATA KUNCI : penggunaan metode role playing, peningkatan kepercayaan diri