STUDI TENTANG UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING MENGATASI BULLYING NON VERBAL DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS VII-5 MTsN NGRONGGOT TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

SITI PATIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0237

Abstract

ABSTRAK SITI PATIMAH, Studi Tentang Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Bullying Non Verbal Di Sekolah Pada Siswa Kelas VII-5 MTsN Ngronggot Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Mei, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil penelitian bahwa adanya siswa di kelas VII-5 yang dianggap nakal oleh teman-temannya, bahkan menyuruh temanya sendiri untuk meminum minyak kayu putih maka peneliti memiliki ketertarikan untuk melakukan peneliti mengenai bentuk-bentuk perilaku bullying yang terjadi dan upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk bullying non verbal yang terjadi di MTsN Ngronggot dan Upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif (studi kasus), dengan mengambil latar belakang MTsN Ngronggot. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa bentuk-bentuk bullying non verbal yang terjadi di MTsN Ngronggot antara lain: 1) memukul dengan sepatu; 2) menendang kaki; 3) menantang meminum minyak kayu putih. Permasalahan timbul karena kurangnya perhatian dari orang tua. Upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perrilaku bullying antara lain: 1) memperoleh laporan terlebih dahulu, kemudian apabila benar-benar melakukan hal tersebut akan dilakukan pemanggilan terhadap pelaku bully; 2) diberikan bimbingan pribadi dan konseling individu, dalam bimbingan pribadi dan konseling individu ini konselor melakukan pendekatan personal, guna membicarakan permasalahan yang dihadapi, kemudian mencari sebuah solusi dari permasalahan tersebut. Setelah itu diberikan point sebanyak 15 point bagi pelaku bully; 3) apabila masalah tidak dapat ditangani dan anak masih tetap melakukan hal tersebut maka konsekuensinya akan dikembalikan ke orang tua dan pihak yang berwajib apabila permasalahan yang dihadapi cukup berat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menujukan hasil yang positif mengenai upaya-upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling di MTsN Ngronggot, sehingga dapat mengurangi perilaku bullying meskipun tidak sepenuhnya berkurang. Kata Kunci : Upaya Guru Bimbingan dan Konseling, Bullying Non Verbal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI