EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN HARGA DIRI (SELF ESTEEM) SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Author (Penulis)
FERRY BAGUS SETIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0235
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh terdapatnya siswa yang belum mampu mengembangkan harga
dirinya di beberapa kelas, akibatnya berdampak pada proses dan hasil belajar mereka. Gejala yang
terlihat adalah siswa mengalami minder dalam bergaul khususnya di lingkungan sekolahnya.
Pertanyaan penelitian ini adalah efektifkah bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik
bercerita untuk mengembangkan harga diri (self esteem) siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kediri
Tahun Pelajaran 2016-2017?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Deskriptif kualitatif
dengan menggunakan desain SSD (Single Subject Design). Subyek pada penelitian ini sebanyak 2
siswa, yang semuanya adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan
dalam 3 kali pertemuan. Kegiatan dilaksanakan saat jam BK masuk kelas atau saat jam istirahat di
mushola SMA Negeri 5 Kediri dengan membawa pedoman observasi. Ini bertujuan untuk
memudahkan peneliti dalam menganalisis dan mendeskripsikan perubahan yang terjadi serta
menyimpulkan penelitian ini adalah bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik bercerita
efektif untuk mengembangkan harga diri (self esteem) siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kediri
Tahun Pelajaran 2016-2017. Berdasarkan keseluruhan proses penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik bercerita efektif untuk mengembangkan harga diri
(self esteem) siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kediri Tahun Pelajaran 2016-2017 ini terbukti bahwa
data-data observasi di dalam kelas sebelum melakukan fase intervensi subyek benar-benar belum
mampu mengembangkan harga dirinya.
KATA KUNCI: bimbingan kelompok, teknik bercerita, harga diri.