EFEKTIFITAS TEKHNIK PERMAINAN LANJUTKAN CERITAKU DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ANJARWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0231

Abstract

Abstrak Anjarwati: Efektifitas Tekhnik Permainan Lanjutkan Ceritaku Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini didasari dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa masih banyak siswa yang prestasi belajarnya menurun beberapa diantaranya mengalami rasa percaya diri rendah. Hal ini ditunjukkan dengan ciri-ciri menarik diri pergaulan, mengabaikan diri sendiri, menolak tantangan, sering menyalahkan orang lain sehingga dapat lepas dari tanggung jawab, tidak kreatif, bergantung pada orang lain, mudah dipengaruhi, dan tidak percaya pada orang lain. Percaya diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting. Rendahnya rasa percaya diri berakibat pada menurunnya prestasi akademik dan akan mengganggu kehidupan sosial siswa di masa yang akan datang. Permasalahan penelitian ini adalah apakah tekhnik permainan lanjutkan ceritaku dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif, dengan tekhnik penelitian pre-experiment design, dan analisis data menggunakan uji paired sample t-Test dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri tahun pelajaran 2016/2017 sejumlah 7 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam lima sesi, sedangkan pengukuran dilakukan dengan menggunakan angket percaya diri, dan pedoman pelaksanaan pemberian layanan menggunakan RPLBK. Dari hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji paired sample t-Test diperoleh nilai sig.(2- tailed) 0,004 ? 0,05. Karena 0,004 < 0,05 maka Ho ditolak. Hal ini juga dibuktikan dari hasil nilai t_(hitung )>? t?_tabel, yaitu ?4,642 ? 2,447 sehingga dari penghitungan tersebut menunjukkan bahwa tekhnik permainan lanjutkan ceritaku dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa tekhnik permainan lanjutkan ceritaku dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa. Sehingga disarankan bagi guru Bimbingan dan Konseling untuk menggunakan tekhnik permainan lanjutkan ceritaku dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan percaya diri siswa. Kata kunci: tekhnik permainan lanjutkan ceritaku, bimbingan kelompok, percaya diri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI