HUBUNGAN KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL REMAJA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PEGERWOJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

KRISTIYANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0229

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti di lapangan yang menunjukkan masih adanya anak yang memiliki perkembangan sosial yang kurang karena kurangnya komunikasi orang tua dengan anak mereka. Dengan adanya komunikasi orang tua sebagai salah satu faktor pendukung dalam perkembangan sosial anaknya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui tentang komunikasi orang tua remaja kelas XI-Akuntansi SMK Negeri 1 Pagerwojo Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Mengetahui tentang perkembangan sosial remaja kelas XI-Akuntansi SMK Negeri 1 Pagerwojo Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) Mengetahui adakah hubungan komunikasi orang tua terhadap perkembangan sosial remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pagerwojo Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian inidilaksanakan menggunakan instrument angket komunikasi orang tua dan perkembangan sosial remaja.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah(1) Komunikasi Orang Tua siswakelas XI Akuntansi SMK Negeri 1Pagerwojo, mayoritas adalah baik. (2) Perkembangan sosial remaja yang dimiliki siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pagerwojo, mayoritas adalah baik. (3)Terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi orang tua dengan perkembangan sosial remaja kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pagerwojo tahun pelajaran 2016/2017, yang ditunjukkan dari nilai hasil uji korelasi pearson product moment sebesar 0,259? 0,227. Karenar_hitung>r_(tabel )dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,227. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Diharapkan siswa dapat meningkatkan perkembangan sosialnya sehingga dapat mencapai perkembangan sosialnya dengan baik dan mampu berinteraksi dengan lingkungannya terutama dalam pergaulannya. (2) Konselor sebaiknya biasa mempertahankan apa yang sudah baik dan memperbaiki apa yang masih kurang dalam hal perkembangan sosial remaja di dalam lingkungan sekolah. Selain itu untuk meningkatkan komunikasi orang tua dengan anak, konselor juga diharapkan dapat berkolaborasi dengan orang tua siswa. (3) Orang tua juga diharap kanikut berperan membantu anak untuk berinteraksi sosial dengan lingkungan keluarga dan masyarakat. Kata Kunci: Komunikasi orang tua, perkembangan social remaja.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI