Studi tentang ciri-ciri kepribadian konselor sekolah siswa kelas XI SMKN 3 BOYOLANGU TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

SEPTIYA CAHYARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0226

Abstract

Kepribadian memiliki pengaruh yang kuat terhadap pekerjaan yang dikatakan seseorang. Hampir semua bidang pekerjaan memerlukan faktor kepribadian sebagai penunjang efektifitas pekerjaannya. Dalam hal ini konselor merupakan tenaga profesional yang bertugas dan bertanggung jawab memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik disatuan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menganalisis pengertian konselor sekolah menurut siswa kelas XI SMKN 3 Boyolangu Tulungagung, dan 2) Menganalisis ciri-ciri kepribadian konselor sekolah kelas XI SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Dalam penelitian ini pendekatan yang di ambil adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus (cause study). Sumber data yang digunakan dari data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data melalui metode observasi/pengamatan dan metode wawancara. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif dengan teknik observasi, wawancara yang dilaksanakan di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung tentang ciri-ciri kepribadian konselor sekolah dapat diambil kesimpulan, bahwa berdasarkan hasil wawancara dengan konselor sekolah di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung, mengatakan bahwa ciri-ciri kepribadian konselor di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung sudah terlaksana dengan baik, hal ini terbukti dengan adanya konselor yang memberikan rasa aman, nyaman, ramah, peduli, dan dapat menghibur konseli saat menjalani pelayanan. Serta dan sangat sabar dalam menangani konseli dalam mengubah cara berfikir konseli yang salah. Selain itu, konselor yang terbuka dalam memberikan solusi kepada konseli dan bersungguh-sungguh dalam menangani masalah yang dihadapi oleh konselinya, serta sikap kreatif yang dimiliki konselor dalam membimbing konselinya membuat para siswa SMKN 3 Boyolangu Tulungagung banyak yang berkonsultasi kepada konselor. Berdasarkan penjelasan tentang ciri-ciri karakteristik konselor di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung, peneliti memberikan saran kepada pihak-pihak yang terkait. Pihak-pihak tersebut antara lain: 1) Bagi guru BK yang selaku konselor di sekolah SMKN 3 Boyolangu Tulungagung, diharapkan lebih mampu meningkatkan ciri-ciri kepribadian konselor khususnya pada pribadi yang sabar dan kreatif sehingga akan mewujudkan kompetensi kepribadian guru pembimbing yang profesional. 2) Bagi Kepala Sekolah SMKN 3 Boyolangu Tulungagung, diharapkan lebih bisa mendukung guru BK dalam meningkatkan kepribadian konselor dan berkolaborasi dengan guru BK dalam menjalankan program-program yang dibuat guru BK untuk kemajuan bimbingan dan konseling. Kata kunci: Kepribadian Konselor

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI