PENGARUH GAME ASAH OTAK TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS XI TPM SMKN 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

DIANA RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0223

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran didalam kelas didominasi oleh banyak aktivitas dan berbagai faktor seperti faktor guru, faktor teman, faktor lingkungan kelas, faktor teknologi yang semakin canggih.Akibatnya konsentrasi belajar siswa sering terganggu.Konsentrasi belajar merupakan suatu hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap siswa agar dapat menerima pelajaran dengan baik. Konsentrasi belajar didalam kelas tentunya tidak mudah dan tidak semua siswa memiliki konsnetrasi belajar yang sama. Game asah otak adalah salah satu permainan yang bekerja dengan menggunakan otaknya bekerja secara maksimal dalam memperoleh informasi secara langsung atau sadar. Untuk dapat berkonsentrasi dengan baik dapat menerapkan game asah otak sebagai alternatif.Permasalahan penelitian ini adalah ada atau tidaknya pengaruh game asah otak terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek peneltian siswa kelas XI TPM SMK Negeri 1 Kediri, teknik dalam penelitian ini yaitu pre-eksperimen design dan menggunakan jenis one-group pretest-posttest design yaitu dengan memberikan treatment sebelum dan setelah diberi perlakuan. Proses analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis hipotesis dengan menggunakan uji-t.Berdasarkan hasil uji paired samples test menyatakan bahwa ada peningkatan konsentrasi belajar pada siswa setelah diberikan Game Asah Otak. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 4,045 dan ttabel sebesar 2.040.sehingga 4,045 > 2,040 pada taraf signifikan 5% H0 ditolak.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan sebagai saran yaitu: Diharapkan bagi guru BK atau Konselor dapat menerapkan game asah otak dalam meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa tentunya dalam mengaplikasikan teknik ini, peneliti harus mempersiapkan permainan sebagai treatment yang sesuai dengan karakteristik siswa. Kata Kunci: Game Asah Otak, Konsentrasi Belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI