HUBUNGAN KONDISI FISIK DENGAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

LENI FATMALA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0222

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti di lapangan yang menunjukkan masih adanya anak yang memiliki rasa percaya diri yang kurang karena suatu kondisi fisik yang di milikinya. Dengan adanya kondisi fisik sebagai salah satu faktor pendukung dalam meningkatkan dan mengembangkan rasa percaya diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kondisi fisik siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semen Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Mengetahui rasa percaya diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semen Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) Mengetahui hubungan kondisi fisik dengan rasa percaya diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semen Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semen Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan instrument angket kondisi fisik dan rasa percaya diri. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Seluruh dari 83 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semen memiliki kondisi fisik yang baik. (2) Dari keseluruhan jumlah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semen 96,4% memiliki rasa percaya diri yang tinggi. (3) Ada hubungan yang signifikan antara kondisi fisik dengan rasa percaya diri siswa. Dalam arti semakin baik kondisi fisik seorang siswa maka akan semakin tinggi pula rasa percaya diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semen Tahun Pelajaran 2016/2017, yang ditunjukkan dari nilai hasil uji perhitungan korelasi pearson product moment yaitu ?????????????????????????sebesar 0,260 > dari ???? ???????????????????? sebesar 0,220 pada taraf sig. 5% sebesar 0,220. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) diharapkan siswa dapat mengembangkan rasa percaya diri dengan segala kondisi yang dimilikinya. (2) guru BK/konselor sebaiknya mengetahui dan memahami setiap kondisi fisik siswa, sehingga dapat menjadi pedoman saat memberikan layanan bimbingan dan konseling khususnya dalam hal menanamkan dan meningkatkan rasa percaya diri siswa dengan kondisi yang dimilikinya. (3) orang tua harus selalu memberikan dukungan kepada anaknya, dan memotivasi kekurangan dan kelebihan yang dimiliki anaknya sehingga anak-anak mampu meningkatkan rasa percaya dirinya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI