HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN DISIPLIN DIRI PADA SISWA KELAS XI SMK KARTANEGARA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

NUR EKO WAHYUNINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0221

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti di SMK bahwa masih ada siswa yang membolos, tidak memasukkan seragam dengan rapi, terlambat, tidak memakai seragam sesuai ketentuan, tidak memakai atribut saat upacara, memakai gelang dan berambut panjang bagi siswa laki-laki. Hal ini menunjukkan bahwa disiplin diri siswa masuk dalam kategori rendah. Disiplin diri dipengaruhi oleh dua faktor, salah satunya faktor eksternal yaitu keluarga dimana dalam sebuah keluarga menerapkan pola asuh setiap harinya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Kartanegara kediri sejumlah 248 siswa, dengan sampel sejumlah 151 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling.Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen angket.Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pola asuh orang tua dalam kategori pola asuh permisif. Tingkat korelasi r hitung 0,859 > r tabel 0,1598, hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan disiplin diri siswa kelas XI SMK Kartanegara Kota Kediri.Simpulan hasil penelitian ini, menunjukkan korelasi yang sangat kuatdan juga berbanding lurus, hal tersebut ditunjukkan dengan rata-rata variabel pola asuh (X) sebesar 90,51 masuk dalam kategori pola asuh permisif dan rata-rata variabel disiplin diri sebesar 79,02 masuk dalam kategori disiplin diri rendah. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Disiplin diri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI