EFEKTIFITAS TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PAWYATAN DAHA 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SUTANTO PRIYONUGROHO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0219

Abstract

Abstrak SUTANTO PRIYONUGROHO : Efektivitas Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP PAWYATAN DAHA 1 KEDIRI Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2016/2017. Kata Kunci: Teknik Modeling, Kemandirian Belajar Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang memiliki kemandirian belajar siswa rendah. Kemandirian belajar adalah kesadaran diri seseorang untuk tidak bergantung kepada orang lain, serta memiliki rasa percaya diri, disiplin, inisiatif, tanggung jawab dan motivasi dalam belajarnya. Maka dalam hal ini perlu adanya alternatif solusi mengatasi permasalahan tersebut. Permasalahan penelitian ini adalah apakah teknik modeling efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP PAWYATAN DAHA 1 KEDIRI Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimental dan design penelitian adalah pre experiment design dengan jenis one group pre-test and post-test design. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pemberian pre-test, pemberian treatment konseling individu teknik modeling, dan pemberian post-test dengan menggunakan instrumen berupa angket. Sampel yang dijadikan subyek penelitian berjumlah 6 siswa SMP PAWYATAN DAHA 1 KEDIRI dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji wilcoxon. Dengan rata-rata skor pre-test sebanyak 6 sampel yaitu 63 dan rata-rata skor pos-test sebanyak 6 sampel yaitu 99. Hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon menunjukan nilai T_(hitung ) yaitu 0 sedangkan T_tabel dengan taraf signifikan 5% N = 6 sebesar 0 sehingga T_hitung ? T_tabel yaitu sebesar 0 ? 0. Hal ini memiliki arti bahwa teknik modeling efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas SMP PAWYATAN DAHA 1 KEDIRI Tahun Pelajaran 2016/2017. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Pengggunaan teknik modeling adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di rumah maupun di sekolah. Siswa dapat meningkatkan kemandirian belajarnya dengan baik yang akan bermanfaat untuk kehidupan kedepannya. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah teknik modeling dapat sesuai digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di kelas-kelas lain. Dan juga sebagai bahan evaluasi bagi guru bimbingan dan konseling di SMP PAWYATAN DAHA 1 KEDIRI untuk meningkatkan penggunaan teknik modeling sebagai layanan bimbingan dan konseling untuk mengoptimalkan kemandirian belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI