STUDI KASUS PERILAKU MENYIMPANG REMAJA DI SMK BUDI UTOMO GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017


Author (Penulis)

RIFKI BAGUS PRASETYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0218

Abstract

ABSTRAK Kata Kunci : Perilaku Menyimpang, Remaja Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya perilaku menyipang yang dilakukan siswa kelas X dan XI di SMK Budi Utomo Gandusari. Maka peneliti memiliki ketertarikan untuk melakukan penelitian mengenai (1) Diskripsi perilaku membolos siswa di SMK Budi Utomo Gandusari (2) Diskripsi perilaku merokok siswa di SMK Budi Utomo Gandusari (3) Bagaimana cara meminimalisir perilaku menyimpang di SMK Budi Utomo Gandusari, Tujuan peniliti untuk (1)Menggali informasi guna memperoleh data tentang perilaku membolos siswa (2) Menggali informasi guna memperoleh data tentang perilaku merokok siswa (3) Mendapatkan dan mengetahui cara meminimalisir perilaku menyimpang siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif (studi kasus), dengan mengambil latar belakang SMK Budi Utomo Gandusari. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa bentuk perilaku menyimpang yang terjadi di SMK Budi Utomo Gandusari yaitu (1) ada 2 siswa yang melakukan perilaku membolos ketika jam pelajaran berlangsung, faktor yang mempengaruhi adalah suasana di dalam kelas kurang nyaman, tidak suka dengan pelajaran dan karena ajakan teman.(2) ada 2 siswa yang melakukan perilaku menyimpang khususnya merokok di dalam kelas ketika jam kosong adan ketika tidak ada gurunya faktor yang mempengaruhi antara lain karena ajakan teman dan ejekan dari temannya kalau tidak merokok tidak merasa seperti laki-laki. (3)Cara mencegah, mengatasi dan meminimalisir perilaku menyimpang yang terjadi yaitu dengan melibatkan semua elemen baik yang ada didalam sekolah dan diluar sekolah seperti peran guru BK dalam memberikan layanan, orang tua untuk selalu memberikan contoh yang baik kepada anak. Dari hasil penelitian penulis dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat empat anak yang melakukan perilaku menyimpang dimana perilaku yang namapak adalah dua anak melakukan perilaku menyimpang membolos dan dua anak melakukan perilaku menyimpang merokok di saat jam kosong. Adapun faktor yang mempengaruhi antara lain suasana kurang nyaman, tidak suka dengan pelajaran dan ajakan teman. Saran penelitian bahwa kepala sekolah memberikan dukungan kepada guru BK untuk pemberian layanan, guru BK selalu aktif dalam memonitoring anak didiknya dan orag tua selalu memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya agar tujuan yang diinginkan tercapai.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI