EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Author (Penulis)
ENDAH DEWI UTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0217
Abstract
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK BERMAIN PERAN
(ROLE PLAYING) DALAM BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 KEDIRI
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Endah Dewi Utari
NPM 12.1.01.01.0217
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan-Program Studi Bimbingan Dan Konseling
Dr. Atrup, M.Pd., MM dan Risaniatin Ningsih, S.Pd., M.Psi
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi adanya beberapa siswa yang mengalami tingkat interaksi sosial rendah saat KBM berlangsung. Padahal interaksi sosial sangat penting dibutuhkan manusia untuk menjalani kehidupannya sehari-hari. Pertanyaan penelitian adalah apakah teknik bermain peran (Role Playing) efektif untuk meningkatkan interaksi sosial siswa rendah?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Deskriptif-Kualitatif dengan menggunakan desain SSD (Single Subject Design). SSD merupakan jenis penelitian yang lebih mengutamakan data individu subjek daripada data kelompok. Didalam SSD ini penelitian dilakukan dengan 2 fase, yaitu fase baseline dan fase intervensi. Fase baseline adalah keadaan subjek penelitian sebelum diberikannya perlakuan. Sedangkan fase intervensi adalah keadaan subjek sesudah diberikan perlakuan. Subjek pada penelitian ini sebanyak 2 siswa, yang semuanya adalah siswa SMP Negeri 8 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dan pada setiap pertemuan subjek diminta untuk memerankan tokoh yang ada pada teks drama yang telah diberikan oleh peneliti. Kegiatan dilaksanakan saat jadwal pelajaran BK, diruang kelas SMP Negeri 8 Kediri dengan membawa pedoman observasi dan audience yang sama. Ini bertujuan untuk memudahkan peneliti untuk menganalisis dan mendiskripsikan perubahan yang terjadi serta menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan keseluruhan proses penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan teknik bermain peran (Role Playing) mampu meningkatkan interaksi sosial siswa rendah, ini terbukti bahwa data-data observasi didalam kelas sebelum melakukan fase intervensi subjek benar-benar mengalami interaksi sosial rendah.
Kata Kunci : Teknik Bermain Peran (Role Playing), Interaksi Sosial Siswa.