EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

ENDAH DEWI UTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0217

Abstract

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Endah Dewi Utari NPM 12.1.01.01.0217 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan-Program Studi Bimbingan Dan Konseling Dr. Atrup, M.Pd., MM dan Risaniatin Ningsih, S.Pd., M.Psi UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi adanya beberapa siswa yang mengalami tingkat interaksi sosial rendah saat KBM berlangsung. Padahal interaksi sosial sangat penting dibutuhkan manusia untuk menjalani kehidupannya sehari-hari. Pertanyaan penelitian adalah apakah teknik bermain peran (Role Playing) efektif untuk meningkatkan interaksi sosial siswa rendah?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Deskriptif-Kualitatif dengan menggunakan desain SSD (Single Subject Design). SSD merupakan jenis penelitian yang lebih mengutamakan data individu subjek daripada data kelompok. Didalam SSD ini penelitian dilakukan dengan 2 fase, yaitu fase baseline dan fase intervensi. Fase baseline adalah keadaan subjek penelitian sebelum diberikannya perlakuan. Sedangkan fase intervensi adalah keadaan subjek sesudah diberikan perlakuan. Subjek pada penelitian ini sebanyak 2 siswa, yang semuanya adalah siswa SMP Negeri 8 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dan pada setiap pertemuan subjek diminta untuk memerankan tokoh yang ada pada teks drama yang telah diberikan oleh peneliti. Kegiatan dilaksanakan saat jadwal pelajaran BK, diruang kelas SMP Negeri 8 Kediri dengan membawa pedoman observasi dan audience yang sama. Ini bertujuan untuk memudahkan peneliti untuk menganalisis dan mendiskripsikan perubahan yang terjadi serta menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan keseluruhan proses penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan teknik bermain peran (Role Playing) mampu meningkatkan interaksi sosial siswa rendah, ini terbukti bahwa data-data observasi didalam kelas sebelum melakukan fase intervensi subjek benar-benar mengalami interaksi sosial rendah. Kata Kunci : Teknik Bermain Peran (Role Playing), Interaksi Sosial Siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI