Penerapan bimbingan karir melalui teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan kematangan karir siswa kelas X SMK IT Al-Kautsar Srengat Tahun Ajaran 2015/2016


Author (Penulis)

DEWI AFSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0216

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kematangan karir siswa yang masih rendah. Hal ini dikarenakan keterpaksaan saat memasuki sekolah maupun memilih jurusan, nilai NUN yang rendah, bahkan ada siswa yang pindah sekolah hanya karena jarak rumah yang dekat. Kurangnya kematangan karir siswa menyebabkan ketidakmampuan siswa untk mengidentifikasi karir, belum mampu memilih prospek karir kedepan, dan belum mampu merencanakan tujuan karir dimasa depan. Rumusan masalahpenelitian adalah apakah bimbingan karir melalui diskusi kelompok dapat meningkatkan kematangan karir siswa kelas XTKR SMK IT Al-Kautsar Srengat Blitar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bimbingan karir teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan kematangan karir siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian “One-Group Pretest-Postest Design”. Subyek pada penelitian ini sebanyak 5siswa, yang semuanya adalah siswa SMK IT Al-Kautsar Srengat Blitar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket untuk pretest-postest dan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) saat pemberian tretmen Kesimpulan hasil penelitian adalah terdapat peningkatan kematangan karir siswa melalui teknik diskusi kelompok setelah dilakukan tretment oleh peneliti.Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan skor setelah pemberian post-test yaitu skor rata-rata menjadi 122,4 yang mana ketika dilakukan pre-test skor rata-rata masih 92,6. Dimana setelah diberikan pre-test subyek penelitian mendapat kategori rendah, setelah diberi tretmen dan post-test subyek mengalami peningkatan sehingga mendapat kategori sedang dan tinggi. Hasil penelitian yang dilaksanakan terhadap kematangan karir siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan karir teknik diskusi kelompok, diperoleh hasil perhitungan uji t didapat nilai hasil Thitung= 15 dan Ttabel pada taraf signifikansi 5% (0,05) sebesar 1 (Thitung>Ttabel), maka sangat signifikan. Oleh karena itu Ho ditolak, dan Ha diterima. KATA KUNCI :Bimbingan karir diskusi kelompok, kematangan karir

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI