Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Akademik Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 5 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

TYAS SEKTI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0213

Abstract

Kata Kunci: motivasi, kemandirian belajar, dan prestasi akademik. Penelitian ini dilatarbelakangi data dokumentasi, bahwa terdapat penurunan prestasi belajar pada bidang akademik, masih banyak peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM. Hal ini terlihat pada saat proses belajar mengajar berlanggung, mereka menjawab pertanyaan dari guru dengan membaca buku dan saling menanyakan kepada teman tidak berusaha menemukan jawaban sendiri. Hal tersebut sangat erat kaitannya dengan usaha merangsang motivasi belajar dan kemandirian belajar peserta didik karena masih bergantung kepada orang lain. Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi akademik pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 5 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Motivasi belajar adalah suatu kondisi internal yang mampu menimbulkan dalam diri manusia yang menggerakkan dan mengarahkan untuk melakukan perilaku dan aktifitas tertentu guna mencapai tujuan dalam rangka memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Kemandirian belajar adalah kondisi aktifitas belajar yang mandiri tidak tergantung pada orang lain, memiliki kemauan serta bertanggung jawab sendiri dalam menyelesaikan masalah belajarnya. Prestasi belajar adalah tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan yang ditetapkan dalam sebuah program. Penelitian ini menggunakan metode teknik korelasi, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMP Negeri 5 kelas VIII sejumlah 249. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 98 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik analisis data menggunakan korelasi pearson dan regresi linear ganda. Dari hasil korelasi pearson pada hipotesis pertama di peroleh nilai r¬hitung =0,312>rtabel = 0,202, Dari hasil korelasi pearson pada hipotesis kedua di peroleh nilai r¬hitung =0,485 >rtabel = 0,202, sedangkan dari hasil uji-F di peroleh nilai Fhitung = 406,901 dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa: “ada pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi akademik pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017”. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini, diharapkan dapat dijadikan masukan: 1) peserta didik untuk terus meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar agar memperoleh prestasi akademik yang lebih maksimal. 2) bagi orang tua agar mampu memberikan dukungan dan bimbingan yang bermanfaat ketika berada di rumah untuk meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar kepada para anaknya untuk lebih giat dalam belajar agar memperoleh prestasi akademik yang memuaskan. 3) bagi guru sangat mendukung terbentuknya motivasi dan kemandirian belajar pada peserta didik ketika berada di lingkungan sekolah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI