EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN MEMBUAT PETA PIKIRAN (MIND MAP) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
GELAR GIAN CRISMERIL
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0203
Abstract
Penelitian ini berdasarkan latar belakang pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa masih rendahnya motivasi belajar siswa. Rendahnya motivasi belajar tersebut disebabkan oleh faktor internal yaitu kurangnya kesadaran siswa, kesulitan belajar tentang beberapa mata pelajaran tertentu dan juga faktor eksternal yaitu kurangnya dukungan dari lingkungan. Dalam upayanya mengatasi masalah tersebut masih sebatas dengan layanan bimbingan klasikal. Akibatnya siswa nampak pasif, monoton dan dinilai belum efektif karena tidak ada dinamika kelompok dalam kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah layanan bimbingan belajar dengan membuat peta pikiran (mind map) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan layanan bimbingan belajar dengan membuat peta pikiran (mind map) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan teknik Pre-Experiment dengan desain one group pre-test post-test dengan sampel penelitian 25 siswa kelas X SMA Negeri 3 Kediri tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan dengan memberikan perlakuan sebanyak 3 kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan belajar dengan membuat peta pikiran (mind map) efektif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya hasil uji analisis dengan menggunakan Uji t Paired Samples t-test didapat thitung (sebesar 6,388) > ttabel pada taraf signifikan 0,05 dengan db N-1 (24) didapat sebesar 2,064. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : Diharapkan guru BK dapat melaksanakan layanan bimbingan belajar dengan penggunaan metode peta pikiran (mind map) untuk siswa yang kurang termotivasi dalam belajar serta dengan penerapan metode belajar peta pikiran (mind map) diharapkan siswa dapat menumbuhkan motivasi dalam belajamya dan mendapatkan hasil belajar yang memuaskan.