HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU BULLYING SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

LINDHA DWI PERMADANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0201

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kecerdasan emosional berpengaruh pada perilaku bullying. Karena kecerdasan emosional yang tinggi akan lebih positif dalam mengendalikan emosi sehingga perilaku bullying yang ada di sekolah menjadi rendah karena adanya kesadaran diri dalam menyikapi masalah yang ada di sekitarnya. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kecerdasan emosional siswa? (2) Bagaimana perilaku bullying siswa? (3) Apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku bullying siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan instrument kuesioner kecerdasan emosional dan perilaku bullying. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku bullying siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, yang ditunjukkan dari nilai hasil uji korelasi product moment sebesar -0,437. Nilai tersebut lebih besar dari rtabel dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Diharapkan siswa meningkatkan kecerdasan emosional sehingga lebih optimis dalam mengahadapi berbagai macam permasalahan sehingga tidak melampiaskannya pada hal-hal dapat merugikan orang lain. (2) Untuk meningkatkan kecerdasan emosional yang dimiliki siswa konselor yang berwenang disekolah tersebut seharusnya memberikan konseling pada siswa-siswi yang sedang mengalami permasalahan bullying tidak hanya dengan pendekatan-pendekatan yang bersifat umum saja, namun menggunakan pula pendekatan-pendekatan yang bersifat individu. (3) Orang tua juga diharapkan ikut berperan membantu dalam meningkatan kecerdasan emosional dengan memberikan dorongan, perhatian serta pengawasan terhadap anak dalam kehidupan sehari-hari dan memberikan contoh kepada anak-anaknya agar terhindar dari perilaku bullying di sekolah. Kata kunci: kecerdasan emosional, perilaku bullying.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI