Efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan pengendalian diri siswa


Author (Penulis)

VIKY MAY WULANSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0200

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti di SMPN 6 Kota Kediri bahwa ada beberapa peserta didik yang berperilaku kurang sopan ketika pelajaran sedang berlangsung, seperti berkata kotor, mengejek teman, dan mengetuk – ngetuk bangku dengan keras. Peserta didik umumnya kurang bisa mengendalikan dirinya akibat ulah teman disekitar yang membuatnya terpancing untuk melakukan suatu tindakan yang bisa menunjukkan luapan emosinya. Permasalahan penelitian ini adalah apakah bimbingan kelompok dengan teknik diskusi efektif untuk meningkatkan pengendalian diri pada siswa kelas VII SMPN 6 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 ? Pengendalian diri adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu untuk mengendalikan perilaku, dengan menggunakan berbagai pertimbangan sebelum bertindak, individu tersebut mencoba untuk mengarahkan diri mereka sesuai dengan yang mereka kehendaki. Diskusi kelompok adalah salah satu teknik dalam bimbingan kelompok yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk memecahkan masalah secara bersama-sama dalam suatu kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian pre experiment design dengan jenis one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 6 Kota Kediri. Sedangkan sampel yang dijadikan subyek penelitian ini adalah kelas VII – G. Untuk teknik analisa data efektifitas yang digunakan adalah teknik uji – t. Hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti, menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi efektif untuk meningkatkan pengendalian diri siswa. Dengan hasil t hitung (-4,289) > t tabel (2,028). Setelah diberikannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi siswa dapat mengatasi perbedaan – perbedaan yang ada dalam kelompok atau menghilangkan perilaku negatif mereka seperti mengganggu teman, mengetuk – ketuk bangku ataupun tindakan yang merugikan dirinya maupun orang lain.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada peningkatan jumlah siswa kategori pengendalian diri setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. (2) Teknik diskusi efektif untuk meningkatkan pengendalian diri siswa kelas VII – G SMPN 1 Kota Kediri. Implikasi hasil penelitian tersebut adalah Untuk meningkatkan pengendalian diri dapat digunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Metode ini dapat digunakan oleh guru BK dan guru mata peljaran lainnya untuk bisa meningkatkan pengendalian diri siswa dikelas. KATA KUNCI : bimbingan kelompok teknik diskusi, pengendalian diri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-02

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI