HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PAPAR KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

IDA RATNA WIJAYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0198

Abstract

Abstrak Ida Ratna Wijaya: Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII SMPN 2 Papar Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Bimbingan Dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa dengan keluarga yang harmonis kedisiplinannya sudah berbeda dengan siswa yang keluarganya tidak harmonis. Siswa dengan latar belakang keluarga kurang harmonis, cara bertingkah laku positif, seperti mematuhi tata tertib yang berlaku disekolah, rajin dan mempunyai tata krama yang baik. Berbeda dengan siswa yang berlatar belakang keluarga tidak/kurang harmonis, maka cara bertingkah lakunya negatif, hal tersebut dapat dilihat dari sikapnya yang sering melanggar tata tertib sekolah, tidak disiplin dalam setiap kegiatan dan pembelajaran disekolah, dan nilai kesopanannya kurang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Adakah hubungan antara keharmonisan keluarga dengan kedisiplinan siswa kelas VIII SMPN 2 Papar tahun pelajaran 2015/2016?” Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik penelitian korelasi. Sampel yang digunakan sebanyak 66 responden dari 261 jumlah siswa kelas VIII di SMPN 2 Papar tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Hasil di analisis secara statistik dengan menggunakan rumus Product Moment dan dibantu dengan menggunakan SPSS 16 For Windows. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel keharmonisan keluarga tergolong kriteria cukup dengan nilai interval 49-63 sebesar 60.61%. Sedangkan variabel kedisiplinan siswa dengan nilai interval 50-64 sebesar 57.57% dengan kriteria cukup. Hal tersebut dibuktikan pada hasil perhitungan dari hasil analisis data dengan menggunakan korelasi product moment dengan hasil bahwa nilai r_(hitung ) sebesar 0,723 dan r_tabel untuk db 66(db=n-2 =66-2=64) dengan taraf signifikansi 5% maka diketahui r_tabel sebesar 0,242 dengan kata lain r_(hitung ) > r_tabel yaitu sebesar 0,723 < 0,242 sehingga signifikan akibatnya Ha berbunyi “ada hubungan antara keharmonisan keluarga dengan kedisiplinan siswa kelas VIII SMPN 2 Papar tahun pelajaran 2015/2016” diterima dan H0 berbunyi “Tidak ada hubungan antara keharmonisan keluarga dengan kedisiplinan siswa kelas VIII SMPN 2 Papar tahun Pelajaran 2015/2016” ditolak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: Ada hubungan antara keharmonisan keluarga dengan kedisiplinan siswa kelas VIII SMPN 2 Papar tahun pelajaran 2015/2016. Bedasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi orang tua bekerjasama atau berkoordinasi dengan guru BK maupun keluarga, agar tetap bisa memantau perkembangan anak. Bagi guru BK hendaknya memberikan motivasi yang masif (terus-menerus) dan menjadi jembatan antara orang tua dengan anak, agar anak semakin termotivasi orang tuapun dapat mengerti cara berkomunikasi yang baik kepada anaknya. Kata kunci: Keharmonisan Keluarga, Kedisiplinan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI