EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MEMINIMALISIR PERILAKU BULLYING TINGGI PADA SISWA KELAS VIII F DI SMPN 2 PAPAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

YOAN KUSUMA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0193

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang memiliki perilaku bullying yang tinggi. Alasan yang paling jelas mengapa seseorang menjadi pelaku bullying adalah bahwa pelaku bullying merasakan kepuasan apabila ia “berkuasa” di kalangan teman sebayanya. Maka dalam hal ini perlu adanya alternatif solusi mengatasi permasalahan tersebut. Permasalahan penelitian ini adalah apakah teknik sosiodrama efektif untuk meminimalisir siswa yang memiliki perilaku bullying tinggi kelas VIII F di SMP Negeri 2 Papar Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimental dan design penelitian adalah pre experiment design dengan jenis one group pre-test and post-test design. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pemberian pre-test, pemberian treatment teknik sosiodrama, dan pemberian post-test dengan menggunakan instrumen berupa angket dan RPLBK. Populasi yang dijadikan subyek penelitian berjumlah 10 siswa kelas VIII F di SMP Negeri 2 Papar. Untuk teknik analisa data yang digunakan adalah teknik uji wilcoxon. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Pemberian teknik sosiodrama diberikan kepada siswa yang bertujuan untuk mengubah perilaku siswa yang awalnya memiliki perilaku bullying tinggi menjadi sedang. (2) Teknik sosiodrama efektif untuk meminimalisir perilaku bullying tinggi pada siswa kelas VIII F di SMP Negeri 2 Papar Tahun Pelajaran 2016/2017.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI