EFEKTIVITAS PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMA MUHAMMADYAH KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

YENI SETYANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0192

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang memiliki perilaku kurang keterbukaan.Pemberian treatmen layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom merupakan alternatif solusi mengatasi masalah tersebut.Permasalahan penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok teknik homeroom efektif untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa kelas XI SMA Muhammadyah Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimental dan design penelitian adalah pre experiment design dengan jenis one group pre-test and post-test design. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pemberian pre-test, pemberian treatment bimbingan kelompok teknik homeroom dan pemberian post-test dengan menggunakan instrumen berupa angket dan RPLBK.Populasi yang dijadikan subyek penelitian ini adalah jumlah siswa kelas XI IPS 1 sebanyak 25 siswa dikarenakan didalam penelitian ini tidak menggunakan sampel. Untuk teknik analisa data yang digunakan adalah teknik uji t. Hasil analisis menggunakan uji t menunjukkan bahwa t_hitung = 10, 960 dan t_tabel= 2,064 dengan taraf signifikansi 5%, maka dapat dikatakan bahwa t_hitung>t_tabel.Berdasarkan penelitian ini adanya saran (1)Bagi konselordisarankan agar konselor diharapkan dapat mengaplikasikan hasil dari peneltian ini berupa layanan bimbingan kelompok teknik homeroom untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa. (2) bagi siswa sebaiknya terbuka dengan teman sebaya maupun dengan guru disekolah dan dengan orang tua dirumah. (3). Bagi kepala sekolah atau pihak sekolah agar dapat menerapkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom, untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa.(4) bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian mengenai permasalahan yang terjadi disekolah dan cara penanganannya. Kata Kunci :Bimbingan kelompok teknik homeroom, Keterbukaan diri siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI