HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

TIARA YULITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0187

Abstract

HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 TIARA YULITA NPM: 12.1.01.01.0187 FKIP - BIMBINGAN KONSELING Tiiara_tc@yahoo.com 1 Drs. Setya Adi Sancaya,M.Pd., 2 Laelatul Arofah, M.Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang pernah melaksanakan kegiatan PPL di sekolah tersebut, bahwa banyak siswa yang berperilaku agresif. Mereka berkelahi di sekolah, memukul, berbicara kasar, suka menganggu temannya, dan susah mengendalikan emosi hal ini disebabkan karena keluarga yang kurang harmonis. Permasalahan penelitian ini adalah adakah hubungan antara keharmonisan keluarga dengan perilaku agresif siswa kelas VII SMP PGRI 1 KEDIRI Tahun Pelajaran 2016/2017 ? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian korelasi dengan subyek penelitian siswa kelas VII SMP PGRI 1 Kediri. Populasi penelitian ini kelas VII sebanyak 105 siswa. Dari populasi itu diambil sampel sebanyak 84 responden. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, pengumpulan data dengan menggunakan daftar pernyataan dan diajukan kepada responden. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara keharmonisan keluarga dengan perilaku agresif siswa kelas VII SMP PGRI 1 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam arti semakin tinggi keharmonisan keluarga maka perilaku agresif siswa akan menurun atau cenderung rendah. Sebaliknya jika keadaan dalam keluarga tidak harmonis maka perilaku agresif akan tinggi. Berdasarkan penelitian ini adanya saran (1) bagi keluarga sebaiknya selalu memperhatikan perkembangan anaknya. (2) bagi guru BK lebih memperhatikan siswanya lebih dekat serta bisa menjadi teman supaya siswa tidak ada yang berperilaku agresif. (3) bagi siswa mampu mencontoh yang baik dari orangtua dan anggota keluarga yang lain dalam kehidupan sehari-hari. (4) bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian serupa atau dengan menambahkan variabel lainnya. Kata kunci: keharmonisan keluarga, perilaku agresif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI