Efektifitas Konseling Individu Dengan Teknik Kontrak Perilaku Untuk Mengatasi Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII SMPN7 KEDIRI Tahun ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

DWI WAHYUDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0186

Abstract

DWI WAHYUDI: Efektifitas Konseling Individu Dengan Teknik Kontrak Perilaku Untuk Mengatasi Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII SMPN 7 Kediri Tahun Ajaran 2016/ 2017, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti bahwa siswa SMP saat berinteraksi dengan temannya sering kali muncul permasalahan seperti saling mengejek, bermusuhan, mudah emosi, dan juga ada yang menganiaya temannya sendiri. Perilaku anak tersebut termasuk perilaku anak yang menyimpang atau bisa di katakan perilaku agresif. Hal tersebut apa bila dibiarkan dapat mengakibatkan terganggunya proses belajar di kelas, baik bagi individu dengan perilaku agresifnya maupun pada individu lainnya. Pertanyaan penelitian ini adalah apakah konseling individu dengan teknik kontrak perilaku efektif untuk mengatasi perilaku agresif pada siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain SSD (Single Subject Design). Subyek pada penelitian ini sebanyak 2 siswa, yang semuanya kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Peneliti melakukan konseling individu pada siswa yang berperilaku agresif kemudian membuat suatu kesepakatan tertulis yang berisikan suatu kesepakatan konselor dengan konseli untuk mengubah tingkah laku tertentu pada diri konseli dengan memberikan ganjaran atas perubahan perilaku tersebut. Setelah kesepakatan tersebut disetujui oleh konselor dan konseli kemudia konselor mengamati perubahan yang terjadi pada konseli. Dari intervensi tersebut diukur secara kontinyu untuk mengetahui bagaimana perubahan perilaku agresif pada siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan konseling individu dengan teknik kontrak perilaku efektif untuk mengatasi perilaku agresif siswa. Berdasarkan simpulan dari hasil penelitian ini, di rekomendasiakan: (1) Pembuatan lembar kontrak perilaku di harapkan lebih menarik dan di sempunakan lagi agar lebih efektif mengatasi permasalahan siswa. (2) Penggunaan teknik kontrak perilaku lebih digeneralisasikan lagi, tidak hanya diberikan pada siswa yang berperilaku agresif saja. Kata Kunci: Konseling Individu Teknik Kontrak Perilaku, Perilaku Agresif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI