HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KEMANDIRIAN REMAJA PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
RIZKI FAISOL RUBA'I
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0185
Abstract
ABSTRAK
Rizki Faisol Ruba’i : Hubungan antara interaksi sosial teman sebaya dengan kemandirian remaja
pada peserta didik kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Kediri tahun pelajaran 2016/2017, Skripsi, BK,
FKIP UNP Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa apabila peserta didik mampu
untuk berinteraksi sosial dengan teman sebayanya maka akan mendukung remaja untuk
mengembangkan kemandiriannya. Adapun sebaliknya apabila peserta didik kurang mampu untuk
berinteraksi dengan teman sebayanya maka peserta didik juga akan kurang mampu untuk
mengembangkan kemandiriannya.
Permasalahan penelitian ini adalah “Adakah hubungan interaksi sosial teman sebaya dengan
kemandirian remaja pada peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 2 Kediri tahun pelajaran
2016/2017?”.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah teknik korelasional dengan pendekatan
kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X yang sebanyak 78
responden dari total populasi sebanyak 78 peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 2 Kediri.
Hasil pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS 16.0 for windows menunjukkan ada hubungan
interaksi sosial teman sebaya dengan kemandirian remaja pada peserta didik kelas X SMK
Muhammadiyah 2 Kediri ditunjukkan rhitung 0,583 lebih besar dari rtable 0,223 pada taraf sigifikansi 5%.
Maka hasilnya Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial teman
sebaya dengan kemandirian remaja pada peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 2 Kediri tahun
pelajaran 2016/2017.
Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan hasil adanya hubungan antara interaksi sosial
teman sebaya dengan kemandirian remaja maka saran yang perlu dikemukakan adalah hendaknya: (1)
Semua guru atau konselor dan orang tua memperhatikan peserta didik atau anaknya untuk
memperhatikan tumbuh kembang anaknya yang masih remaja yang mulai belajar berinteraksi dengan
teman sebayanya untuk mengembangkan kemandiriannya. (2) Serta guru BK penelitian ini dapat
dijadikan sumber dan bahan ke dalam bimbingan sesuai dengan teknik yang digunakan.
KATA KUNCI : Intraksi sosial teman sebaya, kemandirian remaja