HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KEMANDIRIAN REMAJA PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

RIZKI FAISOL RUBA'I
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0185

Abstract

ABSTRAK Rizki Faisol Ruba’i : Hubungan antara interaksi sosial teman sebaya dengan kemandirian remaja pada peserta didik kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Kediri tahun pelajaran 2016/2017, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa apabila peserta didik mampu untuk berinteraksi sosial dengan teman sebayanya maka akan mendukung remaja untuk mengembangkan kemandiriannya. Adapun sebaliknya apabila peserta didik kurang mampu untuk berinteraksi dengan teman sebayanya maka peserta didik juga akan kurang mampu untuk mengembangkan kemandiriannya. Permasalahan penelitian ini adalah “Adakah hubungan interaksi sosial teman sebaya dengan kemandirian remaja pada peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 2 Kediri tahun pelajaran 2016/2017?”. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah teknik korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X yang sebanyak 78 responden dari total populasi sebanyak 78 peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 2 Kediri. Hasil pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS 16.0 for windows menunjukkan ada hubungan interaksi sosial teman sebaya dengan kemandirian remaja pada peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 2 Kediri ditunjukkan rhitung 0,583 lebih besar dari rtable 0,223 pada taraf sigifikansi 5%. Maka hasilnya Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial teman sebaya dengan kemandirian remaja pada peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 2 Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan hasil adanya hubungan antara interaksi sosial teman sebaya dengan kemandirian remaja maka saran yang perlu dikemukakan adalah hendaknya: (1) Semua guru atau konselor dan orang tua memperhatikan peserta didik atau anaknya untuk memperhatikan tumbuh kembang anaknya yang masih remaja yang mulai belajar berinteraksi dengan teman sebayanya untuk mengembangkan kemandiriannya. (2) Serta guru BK penelitian ini dapat dijadikan sumber dan bahan ke dalam bimbingan sesuai dengan teknik yang digunakan. KATA KUNCI : Intraksi sosial teman sebaya, kemandirian remaja

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI