Keefektifan Layanan Konseling Individu Melalui Rational Emotive Behavior Therapy Terhadap Perilaku Bullying Siswa Kelas IX SMP PAWYATAN DAHA 2 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

DIYAN TRIWAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0183

Abstract

ABSTRAK DIYAN TRIWAHYUNI, Keefektifan Layanan Konseling Individu melalui Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy terhadap Perilaku Bullying Siswa Kelas IX SMP Pawyatan Daha 2 Kediri Tahun Ajaran 2016-2017, Skripsi,BK,FKIP UNP Kediri, 2016 Penelitian ini dilatar belakangi oleh meluasnya krisis moral yang melahirkan berbagai perilaku agresif dan kekerasan yang dilakukan oleh pelajar. Siswa yang menjadi pelaku kekerasan adalah anak yang kurang perhatian, anak yang gagal dalam akademik, dan anak yang perlu mendapat bantuan layanan psikologi. Perlu adanya upaya yang intensif untuk menolong siswa-siswa tersebut untuk meninggalkan atau mengikis perilaku bullying tersebut, agar siswa dapat bersosialisasi dengan lingkungan yag lebih baik. Pertanyaan penelitian ini adalah apakah layanan konseling individual melalui pendekatan REBT efektif untuk mengurangi perilaku bullying? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain SSD (Single Subject Design). Subyek pada penelitian ini sebanyak 2 siswa, yang semuanya kelas IX. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dalam konseling individu dengan pendekatan REBT metode kognitif yaitu merubah pemikiran yang irasional menjadi rasional dan menggunakan instrumen lembar observasi. Ini bertujuan untuk memudahkan peneliti untuk menganalisis dan mendiskripsikan perubahan yang terjadi serta menyimpulkan hasil penelitian. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan layanan konseling indivdual melalui pendekatan REBT efektif untuk mengurangi perilaku bullying siswa kelas IX di SMP Pawyatan Daha 2 Kediri. Berdasarkan simpulan hasil penelitian direkomendasikan pada konselor sekolah untuk menggunakan konseling individu dengan pendekatan REBT dalam menangani masalah siswa terutama perilaku bullying. Karena dalam penelitian ini dapat membuktikan keefektifan layanan konseling individu melalui pendekatan REBT dalam menangani perilaku bullying. Kata Kunci : konseling individu, Pendekatan REBT, perilaku bullying

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI