PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK STORYTELLING TERHADAP PENINGKATAN SELF EFFICACY SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Author (Penulis)
DHANAR TRI PAMUNGKAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0182
Abstract
Abstrak
Dhanar tri pamungkas: Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok teknik Storytelling Terhadap Peningkatan Self Efficacy Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, UN PGRI Kediri, 2016.
Self efficacy merupakan kemampuan keyakinan seseorang untuk dapat melakukan tugas yang sulit atau mengatasi kesulitan dengan kemampuan yang dimilikinya. Sedangkan bimbingan kelompok teknik storytelling menjelaskan bercerita menjadi bagian yang penting dalam aspek perkembangan anak.
Penelitian ini berangkat dari self efficacy yang merupakan kemampuan keyakinan seseorang untuk dapat melakukan tugas yang sulit atau mengatasi kesulitan dengan kemampuan yang dimilikinya. Hal tersebut nampak pada kurangnya tingkat Self efficacy sehingga mengganggu interaksi sosial siswa dan prestasi belajar siswa.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik storytelling terhadap self efficacy siswa kelas XI SMK MUHAMMADIYAH 1 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta instrumen yang digunakan adalah angket dengan subyek penelitian dari siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kediri. Peneitian dilaksanakan dengan teknik Pre Eksperiment Design. Desain penelitian yang digunakan adalah One gruop pretest-posttest design. Dalam desain penelitian ini didalamnya melakukan 2 kali tes (pengukuran) yaitu sebelum treatmen dan sesudah treatmen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 26 dari total populasi sebanyak 26. karena jumlah populasi kurang dari 100 siswa, maka populasi diambil semua dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t menggunakan bantuan SPSS v 23.0 for windows.
Dari hasil output tersebut dapat diketahui t-hitung sebesar 5,327 > t-tabel 1,708, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang artinya Ha diterima, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan setelah pemberian perlakuan teknik storytelling terhadap peningkatan self efficacy siswa kelas XI SMK MUHAMMADIYAH 1 Kediri tahun ajaran 2016/2017.
Kata kunci: Storytelling, Self Efficacy