EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SMPN 2 GURAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

VERDIAN ANGGI SAPUTRO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0176

Abstract

Kenyataan dilapangan yang terjadi di SMPN 2 GURAH menunjukkan kegiatan bimbingan belajar yang dilakukan kurang efektif. Hal tersebut dapat terlihat oleh kurangnya konsentrasi saat pembelajaran berlangsung. Dimana dalam kegiatan layanan bimbingan belajar dikelas siswa dalam belajar kurang berkonsentrasi saat pembelajaran berlangsung maka dari pada itu, diharapkan peserta didik dapat meningkatkan konsentrasi sehingga peserta didik dapat mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru mata pelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah apakah bimbingan belajar efektif untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa SMPN 2 GURAH Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017. Menurut Crow & Crow (Prayitno, 2004: 94), bimbingan belajar adalah bantuan yang diberikan oleh seseorang, agar orang lain dapat mengembangkan potensi dalam dirinya. Sedangkan Slameto (2003) mengemukakan konsentrasi belajar merupakan pemusatan pikiran terhadap suatu dan mengenyampingkan semua hal lainnya yang tidak berhubungan. Bimbingan belajar merupakan faktor eksternal dari konsentrasi belajar, karena bimbingan belajar dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah bimbingan belajar sedangkan variabel terikat (Y) adalah konsentrasi belajar. Jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian adalah pre-experiment design, dengan desain One Group Pre Test – Post Test Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP 2 Gurah Kabupaten Kediri sebanyak 29 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan disusun berdasarkan skala likert. Pengukuran kuisioner menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang diuji menggunakan SPSS v.21 for windows yang menunjukkan hasil valid dan reliabel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa niali = 9,617 dan ttabel > 1,701 dengan db N-1= 28 pada taraf signifikansi 5%, maka H0 ditolak Ha diterima. Hal ini berarti pemberian layanan bimbingan belajar efektif untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa siswa kelas XI A SMPN 2 Gurah tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan simpulan hasil penelitian dapat direkomendasikan kepada konselor tidak hanya memanggil siswa keruang BK dan hanya sekedar dinasehati, dan siswa hanya sekedar berkonsultasi tetapi juga melakukan layanan bimbingan belajar dalam menngkatkan konsentrasi belajar siswa siswa Kata kunci : bimbingan belajar dan konsentrasi belajar siswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI