PERBEDAAN TINGKAT KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI DI SMKN 1 KEDIRI SETELAH DIBERIKAN LAYANAN INFORMASI KARIR TAHUN PELAJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

NOVITA ELLIYANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0171

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti saat praktik pengalaman pengajar bahwa hasil dari pengisian IKMS (Identisikasi Kebutuhan Masalah Siswa) siswa mengalami masalah tentang perencanaan karir yakni siswa merasa masih bingung akan perencanaan karir mereka dimasa depan. Hal ini disebabkan karena kurangnya informasi karir. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel siswa kelas XI SMKN 1 Kediri.Jenis penelitian yang menggunakan penelitian eksperimendengan desain penelitian Pre Eksperimen Design dengan jenis One Group Pre-test and Post-test Design.Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling di mana sampel adalah siswa kelas XI berjumlah 23 siswa yang mengalami tingkat kemampuan perencanaan karir yang rendah.Sedangkan metode analisis data menggunakan ujiwilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan gambaran siswa sebelum diberikan layanan informasi karir perlakuan (treatment) menunjukkan rata-rata skor 98 pada kategori rendah.Setelah diberikan perlakuan (treatment) layanan informasi karir meningkat menjadi 128 pada kategori tinggi. Berdasarkan uji wilcoxon Z hitung 0,000 dan nilai signifikan ? 0,05 jadi nilai Z hitung

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI