PERBEDAAN TINGKAT KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI DI SMKN 1 KEDIRI SETELAH DIBERIKAN LAYANAN INFORMASI KARIR TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Author (Penulis)
NOVITA ELLIYANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0171
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti saat praktik pengalaman pengajar bahwa hasil dari pengisian IKMS (Identisikasi Kebutuhan Masalah Siswa) siswa mengalami masalah tentang perencanaan karir yakni siswa merasa masih bingung akan perencanaan karir mereka dimasa depan. Hal ini disebabkan karena kurangnya informasi karir. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel siswa kelas XI SMKN 1 Kediri.Jenis penelitian yang menggunakan penelitian eksperimendengan desain penelitian Pre Eksperimen Design dengan jenis One Group Pre-test and Post-test Design.Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling di mana sampel adalah siswa kelas XI berjumlah 23 siswa yang mengalami tingkat kemampuan perencanaan karir yang rendah.Sedangkan metode analisis data menggunakan ujiwilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan gambaran siswa sebelum diberikan layanan informasi karir perlakuan (treatment) menunjukkan rata-rata skor 98 pada kategori rendah.Setelah diberikan perlakuan (treatment) layanan informasi karir meningkat menjadi 128 pada kategori tinggi. Berdasarkan uji wilcoxon Z hitung 0,000 dan nilai signifikan ? 0,05 jadi nilai Z hitung maka Ha diterima. Hal dapat disimpulkan ada perbedaan tingkat kemampuan perencanaan karir siswa kelas XI di SMKN 1 Kediri.
KATA KUNCI :Kemampuan perencanaan karir, layanan informasi karir.