HUBUNGAN PERILAKU ASERTIF DENGAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 SEMEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ALAM PERMADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0170

Abstract

Alam Permadi: Hubungan Perilaku Asertif Dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa SMP Negeri 1 Semen Tahun Pelajaran 2017/2018. Perilaku asertif adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk bertindak sesuai dengan keinginan dan dapat mengekspresikan perasaan secara jujur dan nyaman menggunakan hak pribadi tanpa melanggar hak orang lain.Dengan memiliki perilaku asertif siswa mampu mengekspresikan perasaan untuk menggunakan hak pribadinya tanpa menyakiti orang lain sehingga siswa merasa lebih bebas dalam melaksanakan tanggung jawab belajarnya tanpa merasa takut atau cemas akan gangguan dari pihak lain.Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui adakah hubungan antara perilaku asertif dengan tanggung jawab belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah adakah hubungan perilaku asertif dengan tanggung jawab belajar siswa di SMP Negeri 1 Semen tahun pelajaran 2017/2018. Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, dan analisis data menggunakan uji korelasi product moment dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 1Semen tahun pelajaran 2017/2018 sejumlah 50 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu tahapan, yaitu dengan menggunakan instrumen berupa angket. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji korelasi product moment diperoleh nilai sebesar 0,683 pada taraf signifikansi 5%, sedangkan nilai yaitu 0,273. Karena nilai 0,273dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dari penghitungan tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan antara perilaku asertif dengan tanggung jawab belajar siswa SMP Negeri 1 Semen tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa ada hubungan antara perilaku asertif dengan tanggung jawab belajar siswa. Sehingga direkomendasikan bagi sekolah dapat digunakan sebagai bahan pengetahuan atau masukan agar memantau perkembangan siswa khususnya dalam hal perilaku asertif yang yang mempengaruhi tanggung jawab belajar siswa sehingga konselor sekolah dapat memberikan bimbingan dan membantu mengentaskan permasalahan siswa yang berhubungan dengan perilaku asertif maupun tanggung jawab belajar. Kata kunci: perilaku asertif, tanggung jawab belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI