Keefektifan Metode Psikodrama Untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Kelas X-3 SMA Negeri 3 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

AZIZAH RAHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0169

Abstract

Abstrak Azizah Rahmawati: Keefektifan Metode Psikodrama Untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Kelas X-3 SMA Negeri 3 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2016 Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti pada saat melaksanakan PPL di SMA Negeri 3 Kediri. Bahwa peserta didik mengalami kecemasan menghadapi ujian akibatnya para siswa mengalami kesulitan dalam belajar karena kecemasan yang dialami. Jika para siswa mengalami seperti ini dalam menghadapi ujian mereka tidak mampu menyelesaikan ujian yang dihadapi. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah efektif metode psikodrama untuk mengurangi tingkat kecemasan menghadapi ujian ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif teknik eksperimen desain One group pretest posttest, dengan subjek penelitian siswa kelas X-3 SMA Negeri 3 Kediri. Penelitian ini diberikan perlakuan sebanyak 3 kali dengan menggunakan metode psikodrama dan menggunakan instrumen kecemasan menghadapi ujian. Proses analisis data menggunakan analisis uji paired sample t test dan SPSS 16.0 for windows. Hasil pengujian hipotesis dengan teknik uji t dengan bantuan SPSS 16.0 for windows menunjukkan hasil nilai t-hitung sebesar 5,265 dan derajat kebebasan (df) 31 diperoleh t- tabel 2,037 sehingga t-hitung > t-tabel (5,265 > 2,037) sehingga t hitung > t tabel maka (Ho) ditolak (Ha) diterima. Maka metode psikodrama efektif untuk mengurangi tingkat kecemasan menghadapi ujian pada kelas X-3 SMA Negeri 3 Kediri. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah menunjukkan adanya penurunan tingkat kecemasan menghadapi ujian dari sebelum diberikan metode psikodrama mayoritas tingkat kecemasan siswa pada kategori sedang, sedangkan sesudah diberikan metode psikodrama menunjukkan tingkat kecemasan siswa pada kategori rendah. Artinya tingkat kecemanasan siswa menurun setelah diberikan metode psikodrama. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, tujuan pokok penggunaan metode psikodrama adalah untuk mengurangi tingkat kecemasan siswa menghadapi ujian. Oleh sebab itu diperlukan kreatifitas konselor dalam pemilihan layanan yang sesuai kebutuhan terutama dengan treatement yang nantinya akan diberikan kepada siswa hal ini penting untuk mencegah timbulnya permasalahan yang akan menimbulkan gangguan pada tugas perkembangan konseli terutama yang berhubungan dengan kecemasan menghadapi ujian. Kata kunci : kecemasan, psikodrama

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI