HUBUNGAN KONSEP DIRI REMAJA DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK DI UPTD SMPN 1 KRAS TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

RUDI RIZKI PRATAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0163

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya komunikasi interpersonal peserta didik ditandai dengan prilaku peserta didik yang tidak menatap lawan bicaranya dan berbicara secara berbelit-belit, sehingga sulit untuk dipahami. Komunikasi interpersonal sangat penting bagi peserta didik untuk menyampaikan pendapat saat berdiskusi, sehingga rasa percaya diri peserta didik akan muncul dan dapat membentuk konsep diri yang positif. Secara teoritis yang mempengaruhi rendahnya komunikasi interpersonal adalah kondisi fisik, nama dan julukan, anggapan tentang peran berbebeda antara laki-laki dan perempuan. Faktor tersebut merupakan komponen dari konsep diri. Konsep diri remaja merupakan gabungan dari semua pandangan, pikiran, perasaan, serta penilaian seorang remaja terhadap keseluruhan dirinya, baik yang bersifat fisik, psikologis maupun sosial, sebagai hasil interaksi dan pengalamannya dengan orang lain. Berdasarkan permasalahan tersebut maka permasalahan ini adalah hubungan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VIII SMPN 1 Kras Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 351, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMPN 1 Kras sebanyak 70 siswa, dengan teknik pengambilan sampel sampel proportional. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan rhitung > rtabel (0,748 > 0,235) yang berarti bahwa ada hubungan konsep diri dengan komunikasi interpersonal peserta didik VIII SMPN 1 Kras Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada hubungan konsep diri dengan komunikasi interpersonal peserta didik VIII SMPN 1 Kras Tahun Ajaran 2017/2018. Sehingga disarankan untuk memantau prilaku siswanya dan memberikan arahan dalam meningkatkan konsep diri

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI