PENGARUH KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Author (Penulis)
ABDUL HAMID
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0156
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan pada Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Kediri, siswa yang mengalami kurangnya percaya diri yaitu ragu-ragu saat berbicara di depan kelas, diam saat ditunjuk untuk maju di depan kelas, takut untuk menyampaikan pendapat atau tanggapan saat berdiskusi kelompok sehingga mereka cenderung diam dan pasif. Akibatnya mereka cenderung menutup diri, canggung menghadapi orang, menghindari situasi komunikasi, dan lebih memilih untuk menyendiri. Diharapkan dalam penelitian ini konseling kelompok dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket rasa percaya diri. Sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling adalah siswa kelas XI SMA Negeri 6 Kediri yang berjumlah 8 siswa yang percaya dirinya rendah. Penelitian ini melakukan proses konseling sebanyak enam kali. Hasil analisis data menunjukkan nilai thitung ? ttabel (-6,275 ? 2,365) pada taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh konseling kelompok terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa kelas XI SMA Negeri 6 Kediri. Saran dari penelitian ini diharapkan guru bimbingan dan konseling dapat menggunakan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa.
Kata kunci: konseling kelompok, rasa percaya diri