PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PRAMBON KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ARIS DWI SANTOSO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0155

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang menemukan adanya perilaku siswa seperti: siswa cenderung introvet dan tidak berupaya untuk bersosialisasi, ketika guru memberikan sesi tanya jawab atau pertanyaan siswa memilih untuk diam, ketika siswa mengalami kesulitan mengenai pelajaran dia takut atau malu untuk bertanya dengan guru maupun temannya, serta ketika siswa berada di lingkungan yang baru atau suasana yang baru dia susah untuk menyesuaikan dirinya pada lingkungan. Jika hal ini dibiarkan akan berdampak prestasinya di sekolah. Permasalahan penelitian ini adalah “Adakah pengaruh kepercayaan diri terhadap penyesuaian sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Prambon tahun pelajaran 2016/2017 ?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tehnik kausal assosiatif. Proses analisis datanya menggunakan bantuan program SPSS 23.00 for windows dengan menggunakan uji korelasi product moment. Sampel penelitian ini sejumlah 58 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Prambon dengan tehnik penarikan sampel menggunakan simple ramdom sampling. Pengambilan datanya menggunakan intrument angket kepercayaan diri dan angket penyesuaian sosial. Hasil analisis data menggunakan uji korelasi product moment dimana nilai r_hitung ? r_tabel yakni 0,661 ? 0,254 dengan taraf signifikansi 5%. Didukung uji regresi linier sederhana dimana diperoleh nilai sebesar 43,7%. Hal ini memiliki arti bahwa ada pengaruh kepercayan diri terhadap penyesuaian sosial pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun ajaran 2016/2017. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, dan Ho ditolak.Berdasarkan hasil penelitian dilakukan peneliti saran yang perlu dikemukanan adalah hendaknya : 1) semua guru atau konselor dan orang tua memperhatikan siswa atau anak didiknya supaya dapat percaya diri dan dapat menyesuaikan dirinya sehingga prestasinya meninggkat, 2) serta guru bimbingan dan konseling penelitian ini dapat dijadikan sumber bahan untuk meningkatkan kualitas ilmu bimbingan dan konseling. KATA KUNCI : kepercayaan diri, penyesuaian sosial

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI