EFEKTIVITAS TEKNIK DISKUSI DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 GROGOL KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
YUHANA MARIA ULFA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0153
Abstract
ABSTRAK
Yuhana Maria Ulfa: Efektivitas Teknik Diskusi Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Grogol Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2017.
Kata Kunci : teknik diskusi, bimbingan kelompok, karakter tanggung jawab
Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan peningkatan penerapan karakter tanggung jawab pada setiap siswa, karena diharapkan mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menganalisis serta mempersonalisasikan nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari.Permasalahan penelitian ini adalah apakah teknik diskusi dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimen untuk mencari efektivitas teknik diskusi dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan karakter tanggung jawab. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket karakter tanggung jawab berjumlah 143 siswa dan pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sample berjumlah 10 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian maka dilakukan pengolahan data yakni dengan menggunakan uji analisis teknik paired sample t test. Uji paired sample t test merupakan suatu metode digunakan untuk menguji dua sample yang berpasangan, keduanya mempunyai rata-rata yang secara nyata berbeda atau tidak. Dari uji paired sample t test didapat hasil t hitung = 5,650 dan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,025 yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menerima Ha dan menolak Ho, dengan demikian dapat berarti bahwa post-test dan pre-test berpengaruh signifikan terhadap teknik diskusi dalam bimbingan kelompok.
Berdasarkan simpulan diatas, direkomendasikan (1) pada guru BK hendaknya senantiasa memperhatikan dan membantu siswa dalam meningkatkan karakter tanggung jawab siswa dengan cara teknik diskusi dalam bimbingan kelompok (2) kepada siswa diharapkan supaya mampu mengontrol dan meningkatkan karakter tanggung jawab siswa yang tinggi akan memiilki prestasi yang baik di sekolahnya maupun di rumah.