Pengaruh Penyesuaian Diri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Mojo Tahun Ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

NURVITA VATONNY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0151

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena ditemukannya siswa yang kurang mempunyai motivasi dalam belajar yang ditunjukan dengan perilaku malas mengarjakan tugas. Memiliki motivasi belajar sangat penting bagi seorang siswa karena untuk mencapai prestasi yang maksimal harus dengan kerja keras dalam belajar, apalagi dengan siswa yang berbeda beda budaya tentu saja persaingan di sekolah akan semakin ketat. Untuk menghadapi lingkungan baru ini, siswa ataupun siswi membutuhkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penyesuaian diri terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojo Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojo tahun ajaran 2016/2017, dengan jumlah 316 siswa. Sampel diambil dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling dan didapatkan sebanyak 63 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan regresi linier sederhana diperoleh Fhitung 135,253 > Ftabel 3,998. Dilihat besarnyna determinasi adalah 0,689 hal ini berarti menjelaskan pengaruh penyesuaian diri terhadap motivasi belajar sebesar 68,9% dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penyesuaian diri terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojo. Berdasarkan hasil penelitian diberikan saran bagi guru bimbingan konseling adalah membantu siswa dalam upaya meningkatkan motivasi belajar dengan cara memberikan contoh secara langsung kepada siswa bagaimana cara penyesuaian diri dengan baik, sedangkan bagi siswa agar lebih berupaya dalam menumbuhkan kemampuan penyesuaian diri kearah yang positif di lingkungan sekolah, terutama dalam proses belajar, saran bagi peneliti selanjutnya adalah agar mengkaji faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI