HUBUNGAN KENAKALAN REMAJA DI SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 2 KANDANGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

IFTA ARIFIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0145

Abstract

ABSTRAK Ifta Arifiana: Hubungan Kenakalan Remaja Di sekolah dengan Motivasi belajar Siswa SMPN 2 Kandangan Tahun Pelajaran 2015-2016, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini di latar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih banyak siswa yang melakukan pelanggaran pada saat di sekolah yang berakibat pada rendahnya motivasi dalam belajar. Faktor motivasi yang rendah tersebut dikarenakan mereka terlalu asik dengan kegiatan lain yang hanya dapat membuang-buang waktu mereka. Semua itu bisa disebabkan karena kurangnya perhatian dari orang tua terhadap proses belajar anaknya. Selain itu minat yang rendah terhadap pembelajaran maupun keadaan kesehatan peserta didik juga mempengaruhi motivasi belajar mereka. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kenakalan remaja di sekolah siswa SMPN 2 Kandangan tahun pelajaran 2015-2016? (2) Bagaimana motivasi belajar siswa SMPN 2 Kandangan tahun pelajaran 2015-2016? (3) Adakah hubungan antara kenakalan remaja di sekolah dengan motivasi belajar siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik penelitian dan analisisnya menggunakan korelasional dengan rumus product moment dengan subyek siswa SMPN 2 Kandangan tahun pelajaran 2015-2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu tahapan, yaitu dengan menggunakan instrumen berupa angket. Dari hasil analisis data yang diajukan diperoleh rhitung sebesar 0,718 pada taraf 5% diperoleh rtabel sebesar 0,263. Jadi rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,718 > 0,263. Maka dari hasil penelitian ini diketahui bahwa ada hubungan antara kenakalan remaja di sekolah dengan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil temuan penelitian maka direkomendasikan: (1) Bagi sekolah dapat digunakan sebagai bahan pengetahuan atau masukan agar sekolah lebih memperhatikan kenakalan maupun memotivasi siswa. (2) Bagi orang tua dapat menjadi bahan masukan agar orang tua lebih memperhatikan pergaulan anaknya. (3) Bagi pemerintah hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai acuan dalam pemberian sosialiasi. Memberitahu kepada para remaja tentang bahaya tindakan kenakalan remaja. Dengan demikian para anak remaja mengetahui mana yang salah dan mana yang benar sehingga kenakalan remaja dapat di minimalisir agar tercapai siswa siswi yang berprestasi. Kata kunci: Kenakalan Remaja di Sekolah, Motivasi Belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI