HUBUNGAN PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI KELAS TERHADAP PENGEMBANGAN DIRI SISWA KELAS XI SMAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

WAHYU SOFI MALINDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0140

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang menemukan bahwa kemampuan dan partisipasi siswa pada masa globalisasi ini sangat lah bermacam-macam. Ada yang sekali mendengarkan langsung paham, ada juga yang berulang-ulang kali diterangkan baru mengerti, ada yang hanya sekadar memperhatikan tapi tidak tahu menahu apa yang sudah dijelaskan oleh guru di depan. Ini sangat mempengaruhi pengembangan diri mereka, dan masalah ini harus segera ditangani guna untuk mendidik peserta didik agar mampu menerima pelajaran dan bersaing dalam kemajuan pendidikan saat ini, mengingat fasilitas pendidikan yang sudah memadai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Adakah hubungan partispasi siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas terhadap pengembangan diri siswa kelas XI SMAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2016/2017?” . Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah sampel 144 siswa. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui dua angket yaitu partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dikelas dan pengembangan diri siswa. Analisis dalam penelitian ini menggunakan korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS 16 for windows. Selanjutnya data yang sudah di analisis akan diambil kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada hubungan antara partisispasi siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas terhadap pengembangan diri siswa kelas XI SMAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017 hal ini ditunjukkan oleh hasil uji korelasi dengan r hitung > r tabel yaitu 0,794 > 0,164. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini dapat diuraikan bahwa semakin tinggi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas semakin tinggi pula pengembangan diri siswa. Sebaliknya semakin rendah partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas semakin rendah pula pengembangan diri siswa. KATA KUNCI : partisipasi siswa, pengembangan diri siswa, kegiatan pembelajaran

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI