PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP PENINGKATAN ETIKA PERGAULAN SISWA KELAS VIII SMPN 2 PAPAR TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
FRIDAY OKTI VENANDA MEGA PRATAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0137
Abstract
ABSTRAK
FRIDAY OKTI VENANDA MEGA PRATAMI. 12.1.01.01.0137.”Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Metode Sosiodrama Terhadap peningkatan Etika Pergaulan Siswa Kelas VIII SMPN 2 Papar Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi. UNPGRI Kediri. FKIP. Bimbingan dan Konseling. 2017.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti , bahwa terdapat masalah pada siswa kelas VIII yaitu kurangnya kesadaran siswa dan siswi bahwa sangat penting berperilaku sopan santun serta bertatakrama dan ber-etika yang baik sesui dengan norma yang berlaku baik itu di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat.Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh layanan bimbingan bimbingan kelompok metode sosiodrama terhadap peningkatan etika pergaulan siswa kelas VIII di SMPN 2 Papar Tahun pelajaran 2015/2016?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan penenelitian kuantitatif dengan teknik penelitian pre-exsperimental designs dengan bentuk one-group pretest-posttest designs. Sampel yang digunakan sebanyak 30 responden dari 129 jumlah siswa kelas VIII E,F,G,H di SMP Negeri 2Papar tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Hasil dianalisis secara statistik dengan menggunakan bantuan Microsoft Office Exceldan dibantu dengan menggunakan program SPSS 16 For Windows. Kesimpuan hasil penelitian ini adalah:ada pengaruh bimbingan kelompok metode sosiodrama terhadap peningkatan etika pergaulan siswa kelas VIII tahun pelajaran 2015 – 2016, dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi konselor hendaknya memberikan suatu program bimbingan kelompok yang dapat membuat siswa lebih mengerti akan pesan yang disampaikan dalam sebuah bimbingan kelopok sehingga siswa dapat menjadikan pelajaran dari apa yang telah dipelajari dalam sebuah bimbingan kelompok agar siswa dapat bersikap lebih baik lagi sesuai norma yang berlaku.
Kata Kunci : bimbingankelompok, metode soisodrama, peningkatan etika pergaulan siswa.