KEEFEKTIFAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMKPELAYARAN HANG TUAH KEDIRI KELAS X NAUTIKA A TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

RESTI RIMA SAFITRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0136

Abstract

Abstrak Resti Rima Safitri : Keefektifan Metode Problem Solving untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri Kelas X Nautika A Tahun 2015/2016, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di SMK Hang Tuah masih didominasi oleh keaktivan guru (konvensional), para siswa hanya mendengarkan dan tidak mencoba memahami apa yang disampaikan oleh guru, saat ujian atau ulangan siswa hanya mengungkapkan kembali jawaban dari materi yang telah mereka hafalkan dan tidak berusaha untuk mengembangkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode problem solving untuk peningkatan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian one group pretest posttest design dengan subyek penelitian siswa SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri kelas X Nautika A. Berdasarkan skor pretest, tingkat berpikir kritis siswa di SMK Pelayaran Hang Tuah perlu ditingkatkan. Pada hasil posttest setelah diberi perlakuan, ada hasil yang positif terhadap penilaian skor skala yang telah disebarkan. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan teknik uji Wilcoxon didapati hasil taraf signifikansi sebesar 0,007 dengan batas signifikansi rtabel sebesar 5% atau 0,05. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, jadi dengan demikian “Ada Perbedaan Keefektifan Metode Problem Solving untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri Kelas X Nautika A Tahun 2015/2016”. Berdasar pada kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : Tujuan penggunakan metode problem solving dalam pembelajaran adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jika siswa tidak memiliki kemampuan untuk berpikir secara kritis, dalam memecahkan masalah dan pengambilan keputusan, resiko dari pengambilan keputusan yang salah akan semakin besar. Oleh sebab itu kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam pemecahan masalah atau pencarian solusi. Kata Kunci : Berpikir kritis, metode problem solving, one group pretest posttest,

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI