UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR MELALUI KONSELING KELOMPOK REALITA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 PRAMBON NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

FARIDATUL MAHSUNAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0135

Abstract

ABSTRAK FARIDATUL MAHSUNAH : Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Konseling Kelompok Realita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Tanggung jawab belajar merupakan kewajiban yang harus dilakukan siswa terhadap belajarnya. Siswa dikatakan bertanggung jawab terhadap belajar jika mampu melaksanakan tugas sebagai siswa dengan baik. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang peningkatan tanggung jawab belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Prambon tahun pelajaran 2015/2016 melalui layanan konseling kelompok realita. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling (sampling bertujuan). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki tanggung jawab belajar rendah sebanyak 12 siswa. metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Berdasaarkan hasil pre-test didapatkan hasil bahwa terdapat 12 siswa yang memiliki nilai terendah. Sedangkan hasil post test, kriteria tanggung jawab belajar pada siswa mengalami peningkatan. Rata-rata nilai tanggung jawab belajar siswa sebelum diberikan perlakuan adalah 134,83 dan sesudah diberikan perlakuan rata-ratanya adalah 193. Dari uji Wilcoxon diperoleh Thitung sebesar 66 dan nilai Ttabel untuk N=12 adalah sebesar 17 pada taraf signifikansi 5 % maka dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon tahun pelajaraan 2015/2016 dapat ditingkatkan melalui layanan konseling kelompok realita. Simpulannya adalah bahwa terdapat peningkatan signifikan tanggung jawab belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon tahun pelajaraan 2015/2016 antara sebelum dan setelah diberikan treatment layanan konseling kelompok realita. Saran yang dapat diberikan adalah diharapkan guru Bimbingan Konseling dapat melatih siswa untuk bertanggung jawab belajar agar mampu meningkatkan tanggung jawab belajarnya melalui tahap-tahap yang terdapat dalam layanan konseling kelompok realita. Kata Kunci : tanggung jawab belajar, konseling kelompok teknik realita

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI