EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI TEMAN SEBAYA SISWA KELAS VIII-E DI SMP NEGERI 1 TALUN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
YESIE CRISTIN NATALIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0134
Abstract
Ketrampilan komunikasi teman sebaya adalah keterampilan individu dalam proses pertukaran informasi dilakukan baik verbal maupun non verbal yang ditanggapi oleh kawan seumuran dengan mempunyai tujuan dan keinginan yang sama. Untuk meningkatkan keterampilan komunikasi teman sebaya ada beberapa cara, salah satunya adalah melalui bimbingan kelompok berbasis permainan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah bimbingan kelompok berbasis permainan efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi teman sebaya siswa kelas VIII-E di SMP Negeri 1 Talun. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E. Kemudian dilakukan pre-test dengan mengambil 10 siswa yang terkategori keterampilan komunikasi teman sebaya rendah sampai tinggi. Tujuan yang dimaksudkan adalah siswa yang ketrampilan komunikasi teman sebayanya rendah mendapatkan ilmu pengetahuan dari siswa yang kategorinya tinggi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan analisis datanya menggunakan uji wilcoxon. Hasil dari penelitian telah diketahui bahwa dalam penelitian ini bimbingan kelompok berbasis permainan efektif untuk meningkatkan ketrampilan komunikasi teman sebaya. hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis pada taraf signifikan 5% dengan jumlah sampel (N) adalah 10 maka hasilnya T_hitung