Pengaruh Pemberian Layanan Konseling Kelompok Menggunakan REBT Terhadap Efikasi Diri Akademik Siswa IX-I UPTD SMPN 1 Prambon Tahun Ajaran 2015/2016


Author (Penulis)

SITI QUROTUL A'YUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0131

Abstract

ABSTARK Siti Qurotul A’yun: Pengaruh Pemberian Layanan Konseling Kelompok Menggunakan REBT Terhadap Efikasi Diri Akademik Siswa IX-I UPTD SMPN 1 Prambon Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2012. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pemahaman peneliti, bahwa efikasi diri akademik siswa IX-I UPTD SMPN 1 Prambon masih cukup rendah. Hal ini terbukti dengan masih seringnya siswa mencontek saat ulangan, mengerjakan tugas rumah di sekolah dan mencontoh pekerjaan milik teman. Perilaku ini perlu penanganan dengan layanan bimbingan dan konseling, yang dalam kasus ini digunakan pendekatan REBT. Penggunaan REBT dengan teknik behavioristik tidak hanya akan merubah perilaku negatif siswa tetapi juga pemahaman mereka tentang tindakan negatif yang mereka anggap hal biasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh pemberian layanan konseling kelompok menggunakan REBT terhadap efikasi diri akademik siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pre experimental design dengan jenis pre test and post test one group design. Peneliti hanya menggunakan satu kelompok eksperimen tanpa kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX-1 yang berjumlah 36 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 9 siswa mengikuti aturan konseling kelompok. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling atau pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dalam penelitian ini pertimbangannya adalah siswa kelas IX-1 dengan efikasi diri rendah. Berdasarkan analisis uji tanda Wilcoxon diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,012 dengan batas kritis penelitian sebesar 5% atau 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa taraf signifikansi hitung lebih kecil dari batas kritis penelitian, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ho ditolak dan ha diterima. Kesimpulan berdasarkan hasil uji adalah “Ada Pengaruh Pemberian Layanan Konseling Kelompok Menggunakan REBT Terhadap Efikasi Diri Akademik Siswa IX-I UUPTD SMPN 1 Prambon Tahun Ajaran 2015/2016”. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ada pengaruh positif, maka penting bagi konselor untuk mempertahankan dan meningkatkan layanan konseling baik individu maupun kelompok dengan berbagai pendekatan dan teknik agar siswa mampu mengentaskan diri dari masalah efikasi diri akademik yang erat kaitannya dengan masalah belajar maupun masalah lain. Kata kunci: konseling kelompok, REBT, efikasi diri akademik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI