Hubungan Perhatian Orangtua Dengan Pengendalian Diri Dalam Pergaulan Siswa Kelas XI TSM SMK Ngunut Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

LELA PRABANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0128

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, di lapangan yang menunjukkan masih adanya siswa yang memiliki pengendalian diri yang kurang karena salah kurangnya perhatian orangtua mereka. Dengan adanya perhatian orangtua sebagai salah satu faktor pendukung dalam pengendalian diri siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah perhatian orangtua siswa kelas XI TSM SMK Ngunut Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimanakah pengendalian diri siswa kelas XI TSM SMK Ngunut Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Adakah hubungan antara perhatian orangtua dengan pengendalian diri siswa?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas XI TSM Ngunut Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan instrument angket perhatian orangtua dan pengendalian diri. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Perhatian orangtua siswa kelas XI TSM SMK Ngunut, mayoritas adalah adalah tinggi. (2) Pengendalian diri yang dimiliki siswa kelas XI TSM SMK Ngunut, mayoritas adalah tinggi. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orangtua dengan pengendalian diri siswa kelas XI TSM SMK Ngunut tahun pelajaran 2016/2017, yang ditunjukkan dari nilai hasil uji korelasi pearson product moment sebesar sebesar 0,317 > 0,220. Karena r_hitung > r_tabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,220. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Diharapkan siswa meningkatkan pengendalian dirinya sehingga dapat terhindar dari pergaulan bebas atau hal-hal negatif yang merugikan diri sendiri. (2) guru BK/konselor sebaiknya bisa sebaiknya bisa mempertahankan apa yang sudah baik dan memperbaiki apa yang masih kurang dalam hal pengendalian diri siswa. Selain itu untuk meningkatkan perhatian dari orangtua siswa, guru BK/konselor juga diharapkan dapat berkolaborasi dengan orangtua siswa. (3) Orang tua juga diharapkan ikut berperan membantu memberikan motivasi, dorongan, dan perhatian terhadap anak dalam kehidupan sehari-hari, untuk meningkatkan pengendalian diri dalam pergaulan. Kata Kunci: Perhatian orangtua, Pengendalian diri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI