PENGARUH PERCAYA DIRI TERHADAP KEBERANIAN MENYAMPAIKAN PENDAPAT PADA SISWA KELAS XI SMK KARTANEGARA KEDIRI TAHUN 2017/2018


Author (Penulis)

OKKY YUDISTARI SUBIYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0127

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena ditemukan banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyampaikan pendapat pada orang lain karena gugup, ragu,malu, dan bersikap pasif, hal tersebut terjadi dalam proses belajar di dalam kelas maupun dalam suasana informal diluar kelas. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberanian menyampaikan pendapat peserta didik berasal dari rasa percaya diri yang dimiliki. Dengan percaya diri yang baik, peserta didik berani mengemukakan pendapat berdasarkan pengetahuan dan pemikiran yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh percaya diri terhadap keberanian menyampaikan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang merupakan salah satu bagian penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Kartanegara Kediri tahun ajaran 2017/2018, dengan jumlah 316 siswa. Sampel diambil dengan teknik pengambilan sampel proportional dan didapatkan sebanyak 79 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis data menunjukkan Fhitung 91,799 > Ftabel 3,965, Hal ini berarti  ada pengaruh percaya diri terhadap keberanian menyampaikan pendapat peserta didik kelas XI SMK Kartanegara Kediri. Artinya jika rasa percaya diri tinggi maka keberanian peserta didik untuk menyampaikan pendapat juga cenderung tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh percaya diri terhadap keberanian menyampaikan pendapat, sehingga disarankan sebaiknya 1) bagi konselor atau guru BK harus mampu menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik untuk meningkatkan keberanian menyampaikan pendapat melalui pelaksanaan layanan Bimbingan Konseling ; 2) Bagi peserta didik menumbuhkan rasa percaya diri dengan lebih bisa memahami tentang diri sendiri sehingga dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki ; 3) Bagi kepala sekolah agar dapat menerapkan kebijakan dalam pembelajaran yang mampu menumbuhkan rasa percaya diri siswa guna meningkatkan keberanian menyampaikan pendapat ; 4) Bagi peneliti selanjutnya, untuk melakukan penelitian mengenai permasalahan yang terjadi disekolah terkait dengan variabel yang ada dalam penelitian.

 

KATA KUNCI  : percaya diri, keberanian menyampaikan pendapat


Keyword

a

Reference

Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakara : Puspa Swara.

Hendra Surya. (2007). Percaya Diri itu Penting. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Luxori, Yusuf. 2004. Percaya diri. Jakarta : Khalifa.

Sarastika2014Buku Pintar Tampil Percaya Diri. Yogyakarta: Araska

Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivis. Bandung: Prestasi Pustaka


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI