EFEKTIVITAS TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK PELAYARAN HANG TUAH KEDIRI


Author (Penulis)

SRIATUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0120

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang memiliki motivasi belajar rendah pada kelas XI SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri, yang ditandai dengan banyaknya siswa yang membolos, datang terlambat,tidak ikut apel siang, tidur dikelas saat jam pelajaran, dan adanya beberapa siswa yang melarikan diri dari sekolah. Sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah teknik role playing efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimental dan design penelitian adalah Quasi eksperimen design dengan jenis time series design dan pengumpulan data motivasi belajar menggunakan skala psikologis. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pemberian pre-test sebanyak 4 kali, pemberian treatment dengan teknik role playing berdasarkan pada RPLBK, dan pemberian post-test sebanyak 4 kali dengan menggunakan instrumen berupa skala motivasi belajar. Populasi yang dijadikan subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Pelyaran Hang Tuah Kediri yang berjumlah 77 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa kelas XI Nautika B SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Untuk teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik uji wilcoxon match pair test. Dengan rata-rata skor pre-test sebanyak 8 sampel yaitu 63,5 dan rata-rata skor post-test dengan 8 sampel yaitu 100,3. Hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon match pair test menunjukkan nilai Thitung yaitu 0 sedangkan Ttabel dengan taraf signifikansi 5% dengan N = 8 sebesar 4, maka Thitung ? Ttabel yaitu sebesar 0 ? 4. Hal ini memiliki arti bahwa teknik role playing efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian ini adanya saran (1) bagi konselor/guru sebaiknya perlu mengembangkan konsep yang serupa dalam memberikan perlakuan. (2) bagi siswa sebaiknya memiliki motivasi belajar yang tinggi. (3) bagi peneliti selanjutnya dapat memberikan treatment yang berbeda untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang rendah. kata kunci : teknik role playing, motivasi belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI